Korban Meninggal Erupsi Gunung Semeru Total 22 Orang

Amir Baihaqi - detikNews
Senin, 06 Des 2021 19:04 WIB
korban erupsi semeru kembali ditemukan
Evakuasi korban meninggal (Foto: Dok. Basarnas)
Lumajang - Korban pasca-erupsi Gunung Semeru yang meninggal bertambah 6 orang. Total hingga saat ini telah ada 22 korban meninggal yang telah dievakuasi.

"Sampai sore ini info dari teman-teman total 22 korban meninggal yang sudah dievakuasi. Hari ini saja yang sudah ditemukan di lokasi ada 6," terang Kabid Kedaruratan BPBD Lumajang Joko Sambang kepada detikcom, Senin (6/12/2021).

Menurut Joko, dari total korban meninggal itu, sebagian besar sudah berhasil diidentifikasi. Sedangkan yang belum teridentifikasi ada 5 korban.

Joko menambahkan, bagi korban yang telah teridentifikasi langsung diserahkan ke keluarga dan telah dimakamkan. Sedangkan yang belum teridentifikasi masih di RSUD Haryoto Lumajang.

"Yang belum teridentifikasi ada 5. Sehingga saat ini masih di kamar mayat RS Haryoto Lumajang," kata Joko.

"Yang sudah teridentifikasi langsung dijemput keluarga dan telah dimakamkan," imbuhnya lagi.

Menurut Joko, pada proses identifikasi, pihaknya melihat pada ciri visual fisik yang melekat pada korban. Tak hanya itu, proses identifikasi juga melibatkan tim disaster victim investigation (DVI).

"Jadi kami menyampaikan awal ciri-ciri fisik visual misal pakai baju apa atau misal ada ciri-ciri seperti laki-laki pakai anting atau tanda apa di tubuhnya. Itu harus disampaikan. Ada juga tim DVI," tandas Joko. (iwd/iwd)