Ratusan Santri di Probolinggo Salat Gaib Korban Erupsi Gunung Semeru

M Rofiq - detikNews
Senin, 06 Des 2021 14:00 WIB
salat gaib untuk korban gunung semeru
Salat gaib untuk korban Semeru (Foto: M Rofiq/detikcom)
Probolinggo - Ratusan santri Ponpes Bani Rancang di Kabupaten Probolinggo menggelar salat gaib korban erupsi Gunung Semeru. Para santri juga menggalang donasi bagi warga terdampak.

Pengasuh Ponpes Bani Rancang, KH Hasan Mu'tashimbillah salat gaib dan penggalangan donasi ini digelar secara spontanitas setelah mendapat kabar bencana. Dia mendoakan agar para korban yang meninggal khusnul khatimah dan warga yang berada di pengungsian diberi ketabahan.

"Salat gaib selalu dilakukan oleh para santrinya, di saat ada bencana alam dan musibah di negeri ini, semoga doa dan salat gaib yang dikhususkan ke para korban erupsi Gunung Semeru," ujar Kiai Hasan, Senin (6/12/2021).

"Untuk yang meninggal dunia semoga khusnul khatimah dan yang korban hidup semoga di beri ketabahan dan diberi ganti oleh Allah SWT," imbuh pria yang akrab disapa Gus Hasan itu.

Tazzilatul Qodriah, salah satu santriwati mengaku pihaknya juga menggalang donasi bagi korban yang mengungsi. Hasil donasi nantinya akan dibelikan bahan sembako dan disalurkan ke para pengungsi.

"Hasil donasi akan diserahkan ke posko bantuan di Kabupaten Lumajang, untuk korban bencana alam erupsi Gunung Semeru," kata Qodriah.

Salat gaib yang digelar para santri sendiri diikuti sekitar 700 santri dan santriwati di lingkungan ponpes. Salat gaib dipimpin langsung pengasuh ponpes dengan suasana khusyuk. (fat/fat)