Basarnas Terjunkan 5 Tim Evakuasi Warga Semeru Hilang

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Senin, 06 Des 2021 11:26 WIB
Sejumlah warga mengevakuasi hewan ternak dari lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru. Hewan-hewan itu pun dibawa ke tempat yang lebih aman.
Basarnas bantu warga Semeru (Foto: Antara Foto)
Lumajang -

Basarnas mengerahkan tim untuk melakukan pencarian korban erupsi Gunung Semeru. Sebanyak lima tim disebar di lima lokasi.

Kepala seksi operasi dan siaga Basarnas Surabaya, I Wayan Suyatna mengatakan pihaknya mengerahkan tim untuk evakuasi korban yang tertimbun.

"Lima tim itu terdiri dari banyak unsur di situ. Kita akan membagi lima tim ini ke empat sektor," kata Wayan kepada detikcom, Senin (6/12/2021).

"Sektor A itu di Desa Curah Kobokan, sektor B itu di Desa Kajar Kuning, kemudian Sektor C ada dua tim di situ di penambangan pasir. Kemudian sektor D, itu di desa Kebondeli," lanjut Wayan .

Dalam proses evakuasi tersebut, kata Wayan, keselamatan menjadi pertimbangan utama.

"Kita masuk ke situ dengan memperhatikan faktor-faktor keselamatan. Jadi semua tim harus memperhatikan faktor-faktor keselamatan," ungkap Wayan

"Kedua kita mengimbau kepada masyrakat, jika ada masyarakat yang mendekat di situ mohon bisa diintruksikan untuk bergeser. Karena akan membahayakan. Kami pun memperhatikan faktor-faktor keselamatan," tandas Wayan.

Simak Video 'Momen Evakuasi Warga yang Nekat Pulang saat Terdengar Gemuruh dari Semeru':

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)