Susah Payah Sopir Gali Truknya yang Terkubur Pasir Lebih 2 Meter

Faiq Azmi - detikNews
Minggu, 05 Des 2021 15:58 WIB
truk-truk yang tertimbun lahar panas di lumajang
Bangkai truk penambang terpendam pasir (Foto: Faiq Azmi/detikcom)
Lumajang -

Lahar dingin erupsi Gunung Semeru menerjang dan mengubur apa saja yang dilewatinya. Tak terkecuali Dusun Renteng, Desa Sumberluwuh, Kecamatan Candipuro, Lumajang.

Rumah-rumah dan hewan ternak warga terpendam hanya menyisakan atapnya saja. Bahkan truk-truk penambang yang saat itu sudah membawa pasir tak luput dari abu vulkanik dan pasir erupsi Semeru.

Pantauan di lokasi pemilik truk berdatangan membawa sekrop berusaha menggali pasir yang menimbun kendaraannya. Aliyadi (44), salah satu sopir berusaha mencari surat-surat dan dokumen yang tertinggal di dalam truk.

Meski begitu dirinya bersyukur berhasil menyelamatkan diri saat awan panas guguran turun ke Dusun Renteng. Dirinya mengaku lari sekencang-kencangnya tanpa melihat ke belakang.

"Saya kaget truknya terpendam setinggi ini. Ternyata rumah-rumah warga nasibnya sama, kependem pasir," kata Aliyadi kepada detikcom sembari menggali pasir, Minggu (5/12/2021).

Dia mengaku saat itu truknya berada di belakang sendiri karena banyak truk akan meninggalkan lokasi setelah melakukan penambangan. Karena posisinya di belakang sendiri, dirinya berfikir untuk lari saja untuk menyelamatkan diri.

"Truk saya lumayan di belakang (Posisinya). Nah, kan banyak truk di depan saya, karena cuaca hujan juga. Karena jalan lambat, saya keluar dari truk langsung lari dulu, saya mikirnya cari selamet dulu," tuturnya.

Simak Video 'Detik-detik Tim SAR Temukan Korban Erupsi Gunung Semeru':

[Gambas:Video 20detik]