Gerak Cepat, Pemkab Kediri Kirim Bantuan Korban Erupsi Semeru

Andhika Dwi Saputra - detikNews
Minggu, 05 Des 2021 11:35 WIB
Bupati Kediri Mas Dhito
Bupati Kediri Mas Dhito (Foto: Andhika Dwi Saputra)
Kediri - Pemkab Kediri mengirimkan bantuan logistik untuk korban terdampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang. Pengiriman bantuan berkoordinasi dengan Pemkab Lumajang.

"Pagi ini kita berangkatkan personel dari BPBD menyalurkan bantuan untuk membantu saudara-saudara kita yang terdampak erupsi Gunung Semeru," Kata Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramono atau yang akrab disapa Mas Dhito kepada detikcom, Minggu (5/12/2021).

Bantuan yang dikirimkan meliputi beras sebanyak 1,3 ton, makanan siap saji sebanyak 29 boks, serta 168 lembar selimut. Bantuan akan diserahkan melalui Pemkab Lumajang untuk membantu penyaluran di titik-titik pengungsian.

"Kita koordinasi dengan pemerintah setempat untuk penyaluran bantuan di lapangan," ungkapnya.

Kepala BPBD Kabupaten Kediri Slamet Turmudi mengungkapkan ada delapan personel yang berangkat dengan membawa bantuan logistik ke daerah pengungsian di Lumajang. Dikatakan pula hingga Minggu pagi belum terkonfirmasi ada warga Kediri yang berada di sekitar Gunung Semeru saat terjadi erupsi.

"Sampai saat ini belum terkonfirmasi," tandasnya.

Sebagaimana diketahui, Gunung Semeru mengalami erupsi Sabtu (4/12/2021) sekitar pukul 15.00 WIB. Gunung yang berada di Lumajang dan Malang ini mengeluarkan awan panas guguran (APG).

Gunung Semeru di Lumajang, erupsi pada Sabtu (4/12) pukul 15.00 WIB. Warga sekitar Gunung Semeru berlarian panik berusaha menghindari gumpalan awan. Permukiman terdampak gelap gulita karena listrik mati.

Hingga saat ini terdapat 13 korban jiwa, 98 korban luka, dan dua di antaranya ibu hamil. Petugas dan relawan terus mencari korban lain di wilayah terdampak.

Simak Video 'Wajah-wajah Pilu Korban Erupsi Gunung Semeru':

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)