Ayo Rek, Kenali Seni Budaya Khas Suroboyo

Tim Detikcom - detikNews
Sabtu, 04 Des 2021 06:40 WIB
Mitra Seni Indonesia Gelar Pertunjukan Ludruk Kekinian Dukun Tiban pada 30 Agustus 2020
Ilustrasi ludruk (Foto: Mitra Seni Indonesia/ Istimewa)
Surabaya -

Tak hanya terkenal sebagai Kota Pahlawan, Surabaya juga memiliki banyak budaya khas. Budaya-budaya ini masih dilestarikan dan bisa ditemui di sejumlah pertunjukan seni.

Detikcom merangkum sejumlah seni dan budaya khas Kota Surabaya, simak ya!

1. Ludruk
Bicara kesenian Surabaya, tak lengkap rasanya jika tak membahas ludruk. Meskipun bukan kesenian asli Surabaya, namun ludruk rasanya tak bisa dilepaskan dari Surabaya.

Ludruk merupakan seni panggung yang di dalamnya berisi guyonan khas Surabaya. Ludruk disampaikan dengan bahasa sehari-hari atau bahasa Suroboyoan. Biasanya, ludruk mengangkat tema yang ringan sehingga pada zamannya, ludruk menjadi kesenian yang sangat merakyat dan bisa diterima semua kalangan.

Tokoh ludruk yang masih melegenda hingga kini yakni Cak Kartolo. Kesenian ini masih dipertontonkan di sejumlah acara budaya.

2. Gending Jula-Juli Suroboyo
Jula-Juli adalah sebuah syair yang dilagukan saat pertunjukan ludruk dimulai. Isi syairnya berupa guyonan atau candaan dengan bahasa Khas Suroboyoan yang mengundang gelak tawa penonton.

Biasanya, Jula-Juli ada di dalam seni pertunjukan ludruk dan diiringi dengan musik gamelan khas ludruk. Jula-Juli sendiri adalah sebuah syair yang kemudian dilagukan ketika pertunjukan ludruk dimulai.

Tonton juga Video: UMKM Asal Surabaya Raup Untung Hingga Puluhan Juta Lewat Online

[Gambas:Video 20detik]