PPKM Level 3 Nataru, Pintu Masuk Surabaya Dijaga-Diawasi

Esti Widiyana - detikNews
Jumat, 03 Des 2021 21:09 WIB
PPKM diperpanjang hingga 16 Agustus 2021. Meski begitu, kendaraan bebas masuk Surabaya lewat Bundaran Waru.
Foto: Esti Widiyana/detikcom
Surabaya -

Pemerintah berencana memberlakukan PPKM Level 3 pada libur Nataru pada 24 Desember 2021-2 Januari 2022. Kota Surabaya sendiri akan melakukan pengawasan di pintu masuk kota.

"Belum sampai sana (penyekatan). Tetap ada pengawasan di pintu masuk kota. Jadi yang tidak berkeperluan urgent seperti medis dan terkait dengan kebutuhan pokok kita selektif. Nanti kami koordinasikan dengan Satlantas Polrestabes dan Tanjung Perak. Gambaran rencananya seperti tahun lalu," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Surabaya Irvan Wahyudrajad kepada wartawan, Jumat (3/12/2021).

Namun, pihaknya masih menunggu pemerintah pusat untuk teknis PPKM level 3 nanti. Nantinya Pemkot Surabaya akan menyesuaikan instruksi sesuai dengan pusat.

"Masih kita menunggu dari pusat teknisnya seperti apa memang. Kemarin wacananya kan level 3, tapi seperti apa perilaku perjalanan dan sebagainya untuk nanti ada instruksi dari pusat kita menyesuaikan," ujarnya.

Sedangkan mobilitas kendaraan warga Surabaya sendiri terdapat peningkatan hingga 70 persen. "Mobilitas ya setelah PPKM level 1 memang ada peningkatan. Tapi dibandingkan sebelum pandemi masih kisaran 70 persen dari sebelumnya pandemi. Karena ada pergeseran masyarakat," jelasnya.

Hal ini karena sebagian perkuliahan, sekolah sudah banyak yang offline. Masyarakat juga banyak memilih belanja di e-commerce.

"Jadi perilaku masyarakat sudah bergeser. Ini ada keuntungan. Masyarakat mulai kalau tidak perlu betul transportasi dia akan memilih e-commerce," ujarnya.

Sementara di dalam Kota Surabaya, mobilitas kendaraan paling tinggi masih tetap di pintu masuk dan keluar kota. Seperti di Jalan A Yani, arah dari Sidoarjo, Merr, dari arah Gresik atau di Menganti, Jalan HR Muhammad, Mayjend Sungkono.

"Kemudian dari utara biasanya dari Bangkalan ke daerah Kedung Cowek, Kenjeran. Itu saja si biasanya di jam sibuk, pagi dan sore. Ketika orang pergi dan pulang kerja," pungkasnya.

(iwd/iwd)