Dua Kurir Sabu yang Dikendalikan Napi Lapas Jember Diringkus

Yakub Mulyono - detikNews
Jumat, 03 Des 2021 20:04 WIB
kurir sabu diringkus
Dua kurir sabu di Jember diringkus (Foto: Yakub Mulyono)
Jember -

Dua kurir sabu di Jember diringkus. Kedua kurir ini melakukan aksinya diduga dikendalikan seorang narapidana (napi) Lapas Klas IIA Jember.

"Tersangka yang pertama kami tangkap adalah RR. Kemudian kami melacak melalui ponsel hingga akhirnya juga berhasil menangkap tersangka MD. Baik RR mau pun MD merupakan warga Kecamatan Kaliwates," kata Kasat Narkoba Polres Jember Iptu Sugeng Iryanto, Jumat (2/12/2021).

Menurut Sugeng, RR ditangkap di sebuah kos di Jalan Jawa, Sumbersari pada Senin(29/11). Dari tangan RR, polisi menyita barang bukti berupa 17 klip sabu seberat 3,19 gram.

Setelah dikembangkan, polisi menangkap MD. Dia ditangkap saat mengantarkan sabu di depan kantor Imigrasi Jember.

"Dari tersangka MD awalnya disita barang bukti sabu seberat kurang lebih 1 gram. Namun setelah menggeledah rumah MD, kita menemukan barang bukti lain berupa sabu sebesar 100,15 gram," terang Sugeng.

Saat diinterogasi, RR dan MD mengaku sebagai kurir dari salah satu narapidana kasus narkoba yang saat ini berada di Lapas Klas IIA Jember. RR dan MD mengaku mendapat komisi Rp 50 ribu untuk satu kali pengiriman.

"Alat utama yang digunakan napi ini berupa HP. Kalau tidak ada HP tidak mungkin dia bisa berkomunikasi dengan warga yang berada di luar Lapas. Seharusnya Lapas membatasi penggunaan ponsel bagi warga binaan," lanjut Sugeng.

Tersangka RR sendiri, baru keluar Lapas Jember tahun 2021. Sedangkan tersangka MD juga merupakan residivis kasus penganiayaan.

"Atas perbuatannya, tersangka kita jerat pasal 114 ayat (2) dan Pasal 112 ayat (2) Undang-Undang RI No.35 Tahun 2009 Tentang Narkotika dengan hukuman penjara 6 tahun maksimal 20 tahun," pungkas Sugeng.

(iwd/iwd)