Diviralkan Buta Usai Vaksin, Warga Malang Ini Alami KIPI?

Muhammad Aminudin - detikNews
Jumat, 03 Des 2021 19:17 WIB
Joko Santoso (38) Buta Usai Vaksin AstraZeneca
Joko saat ditemui di rumahnya (Foto: Muhammad Aminudin/detikcom)
Malang -

Joko Santoso (38) tidak pernah menyangka matanya 'direnggut' vaksin AstraZeneca. Tujuannya vaksinasi tidak lain agar aman dari virus COVID-19. Namun siapa sangka langkahnya untuk vaksinasi 3 September 2021 malah membuat kondisinya makin miris.

Apakah warga Jalan Burung Gereja, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, ini mengalami Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) COVID-19?

"Saya orang awam tidak tahu itu KIPI," kata Joko saat ditemui detikcom di rumahnya, Jumat (3/12/2021).

Namun, tambah dia, saat perawatan di RSSA, beberapa orang sempat membahas soal KIPI dan perbincangan itu didengarnya.

"Saya dengar slentingan saat di RSSA dikatakan saya ini kemungkinan besar KIPI. Saya tak berani tanya benar atau tidak, saya ngikut saja apa yang dilakukan oleh dokter," terangnya.

Namun jika KIPI atau tidak, pihaknya berharap dirinya bisa sembuh seperti sedia kala. Dan bisa bekerja lagi agar istrinya tidak menjadi tulang punggung keluarga.

"Istri kerja, saya gantikan kerjaan di rumah, cuci baju, rawat anak," kata Joko.

Secara terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang dr Husnul Muarif mengaku, sakit yang dialami Joko masih dianalisa penyebabnya. Begitu juga soal Joko mengalami KIPI. "Masih dianalisa, nanti yang menentukan adalah Komnas KIPI," kata Husnul.

Saat ini, pihaknya sudah menyampaikan kasus yang dialami Joko kepada Pokja KIPI Kota Malang, untuk kemudian dikonsultasikan kepada Komisi Daerah KIPI Jawa Timur dan berlanjut ke Komnas KIPI.

"Masih konsul dari Komda KIPI ke Komnas KIPI," tandas Husnul.

Tonton juga Video: Moderna Gercep Bikin Vaksin Booster Khusus Varian Omicron

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)