ASN Ponorogo yang Terjerat Kasus Korupsi Terancam Tak Dapat Dana Pensiun

Charolin Pebrianti - detikNews
Jumat, 03 Des 2021 09:00 WIB
Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya (BKPSDM) Ponorogo Winarko Arief
Kepala BKPSDM Ponorogo Winarko Arief.(Foto: Charolin Pebrianti/detikcom)
Ponorogo -

Mantan Kasie Alsintan Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (Dipertahankan) Kabupaten Ponorogo, M ditetapkan sebagai tersangka. Dalam kasus korupsi alat dan mesin pertanian (Alsintan) dengan kerugian negara ditaksir mencapai Rp 4,3 miliar.

Kasus ini pun diketahui Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya (BKPSDM) Ponorogo Winarko Arief. Sebab, Kepala Dipertahankan sudah melaporkan kejadian ini.

"Kepala Dinas Pertanian sudah melaporkan kepada kita kalau ada salah satu ASN di Dinas Pertanian dijadikan tersangka, kita mengambil kebijakan sesuai aturan yang ada," tutur Win kepada wartawan, Jumat (3/12/2021).

Win menambahkan atas kasus tersebut yang bersangkutan menerima penghentian sementara yang berakibat pada penghasilan. Sebab, aturan yang berlaku seperti itu.

"Masih kita naikkan, penghentian sementara. Hasilnya kita akan laporkan ke pak Bupati," terang Win.

Menurutnya, jika ada ASN yang tersandung kasus tipikor atau narkoba besar kemungkinan tidak akan mendapatkan hak pensiun. Sebab, surat pensiun tertulis diberhentikan tidak hormat. Namun pihaknya masih menunggu keputusan pasti.

"Kalau terjadi seperti itu (korupsi), kita kan nggak boleh (menghakimi), harus (mengedepankan) asas praduga tak bersalah, penahanannyakan 20 hari," pungkas Win.

(fat/fat)