Lenggak-lenggok Fashion Show Batik Lamongan di Gua Maharani

Eko Sudjarwo - detikNews
Kamis, 02 Des 2021 13:03 WIB
fashion show batik lamongan di goa maharani
Fashion show batik Lamongan di Goa Maharani (Foto: Eko Sudjarwo)
Lamongan -

Fashion show di gedung atau di tempat terbuka sudah lumrah dilakukan. Di Lamongan, fashion show digelar di dalam Gua Maharani yang berlokasi di Maharani Zoo dan Goa Lamongan (Mazoola).

Bukan sekedar fashion show biasa, fashion show ini adalah gelaran busana-busana batik khas Lamongan. Beragam batik khas Lamongan mulai dari Singo Mengkok, Paduraksa, dan Bandeng Lele, tampil di acara yang bertajuk Fashion Show Week Batik Lamongan ini. Fashion Show ini juga menggandeng fashion desaigner ternama, Lia Afif yang menelurkan masterpiece-nya Kanaya Kismaya, yang berarti perempuan penuh misteri.

fashion show batik lamongan di goa maharaniFashion show batik Lamongan di Gua Maharani (Foto: Eko Sudjarwo)

"Karya busana ini terinspirasi dari kekayaan alam dengan stalaktit stalakmit indah yang penuh misteri. Kinaya Kismaya berasal dari Kanaya Kismaya, yang berarti Perempuan yang penuh misteri, asal kata Kanaya yang berarti perempuan cantik, serta Kisma yang berarti tanah dan Aya yang berarti misteri," kata sang desainer Lia Afif, Kamis (2/12/2021).

Sesuai karakter goa Maharani, terang Lia, perempuan yang mengenakan busana batik ini akan bersinar dan berkharisma dengan latar akar budaya lokal. Lia menyebut, terdapat sekitar 18 sampai 20 koleksi yang ditampilkan dengan ciri tarikan garis yang memberikan kesan tegas, dinamis, dan kuat dalam setiap busananya.

"Berpadu dengan batik karya pengrajin batik dan tenun Lamongan menjadikan koleksi Kanaya Kismaya ini makin eksotik dengan tampil di Goa Maharani yang masih memiliki stalaktit dan stalakmit aktif," terang desainer yang karyanya sudah melanglang buana ini.

(iwd/iwd)