Keren, Lokasi Bekas Tambang Batu di Trenggalek Disulap Jadi Tempat Wisata

Charolin Pebrianti - detikNews
Selasa, 30 Nov 2021 17:15 WIB
Keren, Lokasi Bekas Tambang Diubah Jadi Tempat Wisata
Wisata Tebing Lingga (Foto: Dok. PLN Ponorogo)
Trenggalek -

Warga Desa Nglebo, Kecamatan Suruh, Trenggalek, patut diacungi jempol dan kreatif. Desanya yang sebelumnya bekas tambang batu, diubah jadi lokasi wisata yang menarik.

Namanya, Desa Wisata Tebing Lingga. Lokasinya berada di kaki tebing Lingga. Lokasi ini dulunya merupakan tambang batu.

Oleh warga disulap jadi desa wisata yang di dalamnya ada glamping camp, camping ground, Homestay, Wahana anak, Flying fox, Rumah kreatif warga dan masih banyak lainnya yang bisa dinikmati pengunjung yang berkunjung ke sana.

Melihat potensi tersebut, Manager PLN UP3 Ponorogo Setiyawan melalui PLN Peduli memberikan Corporate Social Responsibility atau CSR senilai Rp 100 juta.

"Kami mendukung usaha warga setempat, berupa bangunan taman, kolam, gapura lay out dan kamar mandi. Supaya pengunjung merasa nyaman," tutur Setiyawan kepada detikcom, Selasa (30/11/2021).

tebing linggaFoto: Dok. PLN Ponorogo

Setiyawan menambahkan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang bernama lambang kuning ini berhasil mengubah tempat yang dahulunya bekas tambang batu menjadi lokasi wisata menarik.

Lokasinya yang asri dengan pemandangan pegunungan dan tebing yang menjulang. Bisa jadi spot pilihan wisata yang tepat bersama keluarga. Disini stand makanan pun nampak berjejer. Sehingga pengunjung tak perlu khawatir soal makanan.

Warga setempat pun bisa meningkatkan perekonomian dengan menawarkan bermacam jualan. Seperti makanan, souvenir hingga penginapan dan play ground untuk anak-anak.

"Adanya Wisata Tebing Lingga ini PLN sangat senang dapat berpartisipasi dalam memajukan Desa Wisata Tebing Lingga dan semoga dengan adanya sinergi ini dapat memberikan efek yang positif bagi warga sekitar," pungkasnya.

(fat/fat)