Hore... Wisata Bromo Kembali Dibuka, Tapi Jangan Lupa Tetap Prokes

M Rofiq - detikNews
Selasa, 30 Nov 2021 15:40 WIB
wisata bromo kembali dibuka
Wisata Bromo kembali dibuka (Foto: Tangkapan layar)
Probolinggo -

Wisata Gunung Bromo kembali dibuka. Itu setelah 4 kabupaten penyangga Gunung Bromo masuk status PPKM level 2.

Sama seperti sebelumnya, pengunjung Bromo harus menerapkan protokol kesehatan ketat yang didukung dengan aturan prokes dari pihak wisata Bromo juga. Pengunjung wajib menunjukkan sertifikat vaksinasi minimal dosis pertama dan memakai masker saat di lokasi area wisata di salah satu gunung tercantik di dunia ini.

Namun pembukaan tetap dibatasi hanya 25 persen saja, baik hari biasa maupun libur weekend. Dan pembelian tiket kunjungan tetap secara online.

wisata bromo kembali dibukaFoto: Tangkapan layar

Pembagian kuota pembatasan yakni di Site Bukit Cinta 31 orang per hari, Site Bukit Kedaluh 107 orang per hari, Site Penanjakan 222 orang per hari, Site Mentigen 55 orang per hari, dan untuk Site Savana Teletubbis 319 orang per harinya.

"Sesuai intruksi Kemendagri, wisata Gunung Bromo kembali dibuka melalui 4 pintu masuk. Namun pengunjung hanya dibatasi 25 persen dan pengunjung wajib menaati protokol kesehatan yang diberikan pihak pengelola, " ujar Kepala Seksi 1 TNBTS Sarmin saat dikonfirmasi detikcom, Selasa (30/11/2021).

Sarmin mengatakan kuota 25% ini merupakan awal dan uji coba. Nantinya akan dievaluasi kembali untuk menaikkan kuota kunjungan. Sarmin meminta kerja sama pengujung untuk tetap menjaga protokol kesehatan.

"Jika sampai kembali ke level 3 lagi, maka wisata Bromo otomatis bakal ditutup kembali," kata Sarmin.

(iwd/iwd)