Jokowi Resmikan Bendungan Tugu di Trenggalek

Adhar Muttaqin - detikNews
Selasa, 30 Nov 2021 11:53 WIB
Trenggalek - Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Tugu di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Jokowi berharap bendungan ini bisa mereduksi banjir dan menjadi sarana irigasi lahan pertanian.

Bendungan Tugu berada di Desa Nglinggis, Kecamatan Tugu, Trenggalek, tepatnya di samping ruas jalan nasional Trenggalek-Ponorogo. Bendungan ini dibangun Kementerian PUPR sejak Januari 2014 lalu, dengan menelan APBN sebesar Rp 1,69 triliun.

Dari data Kementerian PUPR, bendungan itu memiliki kapasitas 12 juta meter kubik dengan luas area genangan mencapai 41,8 hektare. Proyek strategis nasional itu diproyeksikan akan mampu mereduksi potensi banjir di Trenggalek serta sebagai sarana irigasi untuk 1.250 hektare lahan.

Peresmian ini ditandai penandatanganan prasasti. Jokowi berharap Bendungan Tugu ini bisa bermanfaat dan meningkatkan kesejahteraan

"Diharapkan dengan peresmian bendungan ini, aktivitas pertanian masyarakat semakin meningkat, petani semakin produktif dan bisa menanam dan panen sehingga kita harapkan pendapatannya meningkat," kata Jokowi saat meresmikan Bendungan Tugu Trenggalek, Selasa (30/11/2021).

Usai peresmian, Jokowi juga menggelar dialog dengan petani di sekitar bendungan. Jokowi berharap peresmian Bendungan Tugu ini bisa membawa dampak yang besar bagi para petani.

Dalam kesempatan ini, Jokowi ditemani Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta hingga Pangdam V/Brawijaya. Lalu ada pula Bupati Trenggalek Nur Arifin dan Forkopimda Trenggalek.

Sementara itu, kunjungan kerja Jokowi di Trenggalek akan dilanjutkan dengan agenda acara pertanian di Desa Buluagung Kecamatan Karangan, Trenggalek. Rombongan Jokowi disambut Menteri Pertanian hingga Kadis Pertanian Kabupaten Trenggalek.

Jokowi diagendakan melakukan olah tanah dengan alat pertanian hingga menanam padi menggunakan mesin dan manual. Kemudian Jokowi melakukan dialog dengan Kelompok Tani. (hil/fat)