Nyalakan Flare hingga Klakson, Ribuan Buruh Blokade Kawasan Darmo

Esti Widiyana - detikNews
Senin, 29 Nov 2021 14:41 WIB
buruh menuju grahadi nyalakan flaire
Buruh blokade jalan dan nyalakan flare (Foto: Esti Widiyana/detikcom)
Surabaya -

Sebanyak 25 ribu buruh akan menggelar aksi di Gedung Negara Grahadi Surabaya. Di tengah perjalanan, ribuan buruh terlihat memblokade kawasan Darmo, tepatnya di sebelah Kebun Binatang Surabaya (KBS). Kemacetan pun tak terhindarkan.

Para buruh yang didominasi menggunakan kaos biru ini menggelar sedikit aksi di Jalan Darmo. Ada sejumlah buruh yang menyalakan flare warna-warni hingga membunyikan klakson. Mereka rata-rata menggunakan kendaraan roda dua.

Tak hanya itu, mereka juga membawa bendera serikatnya yang berwarna biru hingga mobil komando yang dilengkapi sound system.

Kemacetan yang terjadi sekitar 500 meter hingga 1 Km. Di lokasi juga terlihat petugas gabungan yang menjaga arus lalin tetap lancar.

"Kita akan mendatangi Gedung Negara Grahadi untuk memperjuangkan upah minimum. Terima kasih pak polisi sudah memberi jalan," kata salah satu orator di Surabaya, Senin (29/11/2021).

Para buruh ini kebanyakan dari daerah Ring-1 Jawa Timur atau wilayah Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Mojokerto dan Pasuruan. Awalnya mereka bergerak dari daerah masing-masing dan bertemu di titik kumpul utama di Bundaran Waru, Jalan Ahmad Yani Surabaya sekitar pukul 12.00 WIB. Setelah itu, mereka bergerak bersama menuju Gedung Negara Grahadi.

Para buruh ini sebelumnya juga melakukan sweeping di kawasan industri SIER. Mereka menyambangi pabrik-pabrik agar mengirim setiap perwakilan dari perusahaannya. Massa buruh ditaksir ada sekitar 25 ribu yang akan menggelar aksi.

(hil/fat)