Wali Kota Eri Cahyadi Ajukan Usulan UMK 2022, Berapa Besarannya?

Esti Widiyana - detikNews
Jumat, 26 Nov 2021 22:49 WIB
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi
Wali Kota Eri Cahyadi (Foto: Esti Widiyana/detikcom)
Surabaya -

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi telah mengajukan sejumlah usulan upah minimum kota (UMK) 2022 kepada Pemprov Jatim. Usulan terdiri dari usulan Dewan Pengupahan Apindo Surabaya dan Dewan Pengupahan Serikat.

Hal itu disampaikan Eri usai menemui perwakilan buruh di Balai Kota Surabaya. Usulan UMK 2022 yang disampaikan ada beberapa, karena dibedakan berdasarkan jenis perusahaannya.

"Dewan Pengupahan dari Apindo khususnya dengan PT sudah ketemu nilainya. Di dewan serikat ini dibedakan. Ada yang perusahan lokal, ada yang interlokal, sehingga nilainya berbeda-beda," kata Eri kepada wartawan di Balai Kota Surabaya, Jumat (26/11/2021).

Eri mengatakan, hal ini merupakan usulan yang disampaikan dewan pengupahan serikat. Yakni perusahaan lokal sebesar Rp 4,3 juta, perusahaan go public atau yang masuk dalam dasar saham sebesar Rp 4,6 juta.

"Perusahaan modal asing atau PMA sebesar Rp 4,7 juta. Beda-beda, jangan disamakan kalau dewan serikat," ujarnya.

Selain itu, ada juga usulan UMK 2022 yang disampaikan dewan pengupahan apindo yang disesuaikan peraturan pemerintah. Yakni sebesar Rp 4,3 juta.

"Kalau yang lokal dengan asing beda. Asing kan sampai ekspor, dianalogkan okelah. Itu yang saya tanyakan ke gubernur," jelasnya.

Sementara Ketua Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Surabaya, Dendi Prayitno mewakili buruh mengatakan, usulan yang disampaikan Eri ke Pemprov Jatim merupakan format baru. Untuk mengakomodir perusahaan-perusahaan skala kecil.

"Usulan hari ini yang dikirim ke Provinsi Jatim sudah menampung aspirasi serikat pekerja kemarin. Angkanya UMK Rp 4,3 juga, ada 3 kriteria. Realnya berapa, kami tidak mau mendahului dewan pengupahan provinsi," pungkasnya.

Sekadar diketahui, penetapan UMK 2022 ini nantinya akan dilakukan Pemprov Jatim. Paling lambat pada 30 November 2021 mendatang.

(fat/fat)