Jalan di Jombang Ini Seperti Arena Offroad, Rusak Parah dan Berkubang Lumpur

Jalan di Jombang Ini Seperti Arena Offroad, Rusak Parah dan Berkubang Lumpur

Enggran Eko Budianto - detikNews
Rabu, 24 Nov 2021 16:29 WIB
jalan rusak di jombang
Jalan Tapen-Kabuh yang rusak parah dan berlumpur seperti jalanan offroad (Foto: Enggran Eko Budianto)
Jombang -

Ruas jalan di Kecamatan Kudu, Jombang rusak parah dan berlumpur. Kondisi ini menyulitkan warga melintas. Tak jarang kendaraan terjebak lumpur di kubangan jalan.

Kerusakan terjadi di ruas jalan kabupaten penghubung Desa Tapen, Kecamatan Kudu dengan Desa/Kecamatan Kabuh. Jalan tersebut merupakan jalur alternatif dari Lamongan menuju Jombang dan Mojokerto.

Jalan yang rusak parah tepatnya di Dusun Tapen Lor, Desa Tapen. Sekitar 500 meter jalan selebar 4 meter tersebut hampir tidak terlihat lagi aspal jalannya. Seluruh bagian jalan sudah hancur dan dipenuhi lumpur.

Warga setempat Muhadi (47) mengatakan kerusakan jalur ini terjadi sejak 3 bulan yang lalu. Yaitu imbas pengalihan arus lalu lintas Jombang-Lamongan akibat pembangunan Jembatan Ploso. Sehingga jalan kecil ini banyak dilalui kendaraan dengan tonase tinggi.

jalan rusak di jombangFoto: Enggran Eko Budianto

"Kurang lebih satu tahun ada pengalihan jalur. Rusaknya jalan ini sudah 5 bulan, dan kondisi rusak parah ini sekitar 3 bulan," kata Muhadi kepada detikcom di lokasi, Selasa (24/11/2021).

Muhadi menyampaikan, kondisi jalan yang dahulu beraspal kini berlubang dan tergenang lumpur. Bahkan, kedalaman lubang di depan rumahnya hampir 1 meter.

"Rusaknya yang pertama faktor hujan, kedua ya karena kendaraan yang tonasenya besar, seperti truk bermuatan semen. Itu yang merusak jalan," terangnya.

Kondisi jalan yang rusak dan berlumpur mengakibatkan para pengendara sepeda motor banyak yang berjatuhan. Mobil yang melintas pun tidak jarang terjebak tebalnya lumpur di jalan. Tidak jarang, Muhadi beserta warga sekitar turun ke jalan untuk membantu mengatur lalu lintas dan pengguna jalan yang terjatuh.