Bendungan Tugu di Trenggalek Siap Diresmikan Presiden Jokowi

Adhar Muttaqin - detikNews
Selasa, 23 Nov 2021 21:05 WIB
Pembangunan Bendungan Tugu di Trenggalek telah rampung. Rencananya, peresmian bendungan akan dilakukan dalam waktu dekat oleh Presiden Joko Widodo.
Bendungan Tugu di Trenggalek/Foto: Adhar Muttaqin/detikcom
Trenggalek - Pembangunan Bendungan Tugu di Trenggalek telah rampung. Rencananya, peresmian bendungan akan dilakukan dalam waktu dekat oleh Presiden Joko Widodo.

"Iya, ini sudah selesai dan siap untuk diresmikan. Kalau untuk kepastian peresmiannya kapan, kami belum tahu. Kami menunggu dari pemerintah pusat," kata Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Bendungan Tugu, Yudha Tantra, Selasa (23/11/2021).

Menurutnya, pada rencana awal, Presiden akan meresmikan Bendungan Tugu pada 25 November mendatang. Namun kemungkinan besar jadwal tersebut mengalami perubahan dan diundur.

Yudha menambahkan, saat ini seluruh progress pembangunan telah berjalan sesuai dengan rencana. Bendungan yang berada di Desa Nglinggis tersebut menelan anggaran dari APBN sebesar Rp 1,8 triliun.

"Bendungan ini memiliki daya tampung air 9,3 juta meter kubik, dengan luas genangan 41,8 hektare," kata Yudha, Selasa (23/11/2021).

Konstruksi waduk pertama di Trenggalek tersebut memiliki panjang 475 meter dengan ketinggian 89,85 meter. Bendungan Tugu diproyeksikan dapat dimanfaatkan untuk pengairan 1.200 hektare area persawahan, pembangkit listrik tenaga mikro hidro 0,4 MW.

Selain itu pembangunan bendungan juga diharapkan bisa mengurangi 50 persen risiko banjir di wilayah Trenggalek kota. Keberadaan bendungan yang berdampingan dengan rest area 'Anjungan Cerdas' juga berfungsi sebagai destinasi wisata baru di wilayah Trenggalek.

Sementara Kapolres Trenggalek AKBP Dwiasi Wiyatputera mengatakan, menjelang kedatangan Presiden Joko Widodo di Bendungan Tugu, pihaknya mulai melakukan serangkaian persiapan pengamanan.

"Hari ini kami lakukan survei jalur, hingga meninjau langsung lokasi yang akan diresmikan oleh Bapak Presiden," kata Dwiasi.

Dalam pengecekan itu, pihaknya memastikan cukup aman dan siap untuk menerima kunjungan orang nomor satu di pemerintahan Indonesia.

"Ada beberapa titik yang rawan macet, nanti akan dilakukan rekayasa lalu lintas dan ditempatkan personel polisi," ujarnya.

Rencananya, untuk pengamanan Presiden, Polres Trenggalek akan menyiapkan 900 personel keamanan yang disebar ke berbagai tempat. "Pada intinya Trenggalek cukup kondusif dan siap untuk dikunjungi Bapak Presiden," jelasnya. (sun/bdh)