Bendungan Tugu dan Anjungan Cerdas Siap Jadi Obyek Wisata Baru di Trenggalek

Adhar Muttaqien - detikNews
Rabu, 29 Sep 2021 20:24 WIB
bendungan tugu
Bendungan Tugu (Foto: Adhar Muttaqien)
Trenggalek -

Dua bangunan infrastruktur nasional yang dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) siap menjadi magnet wisata di Trenggalek dan sekitarnya. Dua bangunan itu adalah rest area Anjungan Cerdas dan Bendungan Tugu.

Anjungan cerdas sengaja dibangun secara terintegrasi dan berdampingan langsung dengan Bendungan Tugu, sehingga mampu memiliki nilai jual yang lebih tinggi sebagai kawasan wisata sekaligus fasilitas istirahat bagi masyarakat yang melintas di ruas jalan nasional.

Wakil Gubenur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak mengatakan aset Anjungan Cerdas tersebut saat ini sedang dalam proses serah terima dari Kementerian PUPR kepada Pemprov Jatim. Nantinya, aset tersebut akan dikelola langsung oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur.

"Ini sedang berproses. Seharusnya dalam waktu dekat sudah bisa dirampungkan serah terima aset parsial. Sehingga bisa segera dimanfaatkan," kata Emil, Rabu (29/9/2021).

Menurut Emil, rest area dan Bendungan Tugu menjadi salah satu contoh upaya pengembangan wilayah.

"Sejak dari awal sudah didesain oleh terintegrasi, karena anjungan cerdas ini memiliki nilai jual karena menghadap langsung ke Bendungan Tugu," ujar Emil.

Untuk proses pemanfaatan kawasan Anjungan Cerdas, Pemprov Jatim akan berkolaborasi dengan Pemkab Trenggalek maupun beberapa kabupaten kota yang ada di sekitarnya, sehingga menjadi sentra kuliner, UMKM, hingga budaya.