Lansia di Banyuwangi Dapat Pijat Relaksasi Gratis Usai Vaksinasi

Ardian Fanani - detikNews
Selasa, 23 Nov 2021 16:01 WIB
Satgas COVID-19 Banyuwangi terus melakukan upaya jemput bola dalam vaksinasi lansia. Bahkan, petugas memberikan hadiah pijat relaksasi gratis kepada lansia yang vaksinasi.
Petugas memberikan pijat relaksasi gratis kepada lansia yang vaksinasi/Foto: Ardian Fanani/detikcom
Banyuwangi - Satgas COVID-19 Banyuwangi terus melakukan upaya jemput bola dalam vaksinasi lansia. Bahkan, petugas memberikan hadiah pijat relaksasi gratis kepada lansia yang vaksinasi.

Kegiatan ini dilakukan door to door oleh Polsek Kota Banyuwangi, Selasa (23/11/2021). Tim Satgas Penanganan COVID-19 itu terdiri dari petugas Polsek Kota Banyuwangi, Koramil dan Puskesmas setempat. Fokus berkeliling dari pintu ke pintu, untuk mencari lansia yang belum sempat mengikuti program vaksinasi.

Aiptu Ririn Nurfiah, anggota kepolisian dari Mapolsek Kota Banyuwangi menjadi tukang pijat dadakan untuk para lansia. Layaknya tukang pijat profesional, polisi wanita ini dengan telaten memijat para lansia mulai dari kaki, pundak hingga kepala dari penerima vaksin.

"Ya habis kita vaksinasi lansia ini kita servis untuk pijat. Karena lansia terkadang membutuhkan pijat kecil di pundak dan kaki," ujarnya kepada detikcom.

Ririn mengaku memiliki kiat khusus untuk memijat lansia. Karena bukan hanya urut biasa, tapi disesuaikan dengan usia dan keluhan. Meski dirinya tak memiliki pengalaman memijat profesional, tapi dia belajar secara otodidak untuk peregangan otot.

"Otodidak. Tapi yang pasti bisa memberikan rasa relaksasi," tambahnya.

Cara ini benar-benar mampu menarik minat masyarakat untuk mau disuntik vaksin. Dalam kurun waktu sehari saja, Tim Satgas Penanganan COVID-19 Kecamatan Banyuwangi mampu menyuntikkan 687 dosis vaksin pertama, yang mayoritas diberikan kepada lansia.

Wakil Ketua Satgas COVID-19 Banyuwangi Letkol Inf Yuli Eko Purwanto mengatakan, capaian vaksinasi COVID-19 di Banyuwangi cukup menggembirakan. Per hari ini, jumlah penerima vaksin dosis satu mencapai 1.006.875 orang atau mencapai 75,13 persen dari total sasaran 1.340.222 orang.

Sementara realisasi vaksinasi untuk kalangan lanjut usia (lansia) sudah di angka 133.021 orang. Atau mencapai 67,25 persen dari total 197.793 orang yang ditargetkan.

"Berbagai upaya kita lakukan. Termasuk memberikan servis kepada mereka yang divaksinasi," ujarnya kepada detikcom.