Banyuwangi Capai Target Vaksinasi COVID-19 70% Lebih

Ardian Fanani - detikNews
Minggu, 14 Nov 2021 20:11 WIB
vaksinasi di banyuwangi
Vaksinasi di Banyuwangi (Foto: Ardian Fanani)
Banyuwangi -

Banyuwangi berhasil mencapai target vaksinasi dosis pertama sebanyak 70 persen lebih dari target sasaran yang ditetapkan sebesar 1.340.222 orang. Angka ini sebagai salah satu persyaratan agar Banyuwangi bisa turun ke level satu PPKM. Namun masih ada satu syarat lagi yang harus dipenuhi yakni capaian vaksinasi lanjut usia (lansia) minimal 60 persen.

"Kami berterima kasih kepada semua elemen masyarakat TNI, Polri, seluruh stake holder, Camat, Kepala Desa, Kelurahan, RT, RW, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat yang membentu kami untuk menyelesaikan target vaksinasi untuk mengatasi pandemi COVID-19," jelas Sekretaris Daerah Banyuwangi, Mujiono, Minggu (14/11/2021).

Mujiono menjelaskan, hari ini, capaian vaksinasi dosis pertama di Banyuwangi berada pada angka 70 persen lebih. Angka ini, kata Dia, merupakan target Nasional untuk persyaratan suatu daerah masuk ke level 1 PPKM.

Namun menurutnya, capaian vaksinasi untuk lansia masih belum memenuhi target sesuai yang dipersyaratkan untuk masuk ke level 1 PPKM. Saat ini capaian vaksinasi dosis pertama lansia masih sebesar 53,17 persen.

"Untuk lansia masih kurang sedikit perlu kita tingkatkan lagi. Dalam minggu ini kita selesaikan agar lansia bisa tercapai 60 persen," tegasnya.

Wakil Ketua Satgas COVID-19 Banyuwangi, Letkol Inf Yuli Eko Purwanto menambahkan, dengan capaian vaksinasi ini, pihaknya berharap Banyuwangi yang saat ini berada di level 2 PPKM bisa segera turun ke level 1 PPKM. Karena penurunan ke level 1 PPKM ini akan sangat berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat.

Jika sudah masuk ke level 1, menurut Mujiono, aktivitas masyarakat akan kembali ke new normal yang kondisinya lebih longgar dibanding level 2. Contohnya, kata Mujiono, pada sektor pariwisata khususnya kolam renang.

"Selama ini kami hanya mengizinkan 25 persen, kalau level 1 bisa 75 persen. Tapi tetap prokes (protokol kesehatan) kita optimalkan. Pendidikan termasuk didalamnya,"bebernya.

Selain itu, B-Fest atau Banyuwangi Festival direkomendasikan bisa dimulai. Selama berada di level 2, kegiatan hanya mengambil konten dan momentum saja. Itu pun masih sangat-sangat dibatasi. Jika sudah berada di level 1 maka berbagai kelonggaran aktivitas bisa dilakukan.

"Untuk selanjutnya kita rekomendasikan bisa dimulai," tegasnya.

Saat ini, kondisi penyebaran COVID-19 sudah sangat melandai. Kenyataan di lapangan, menurutnya, dalam beberapa minggu terakhir fatality rate atau angka meninggal tidak ada. Untuk pasien COVID-19 yang sembuh sekitar lima orang. Dan yang terkonfiormasi hanya satu dua.

"Ini artinya sangat turun drastis lagi penyebaran COVID-19," pungkasnya.

(iwd/iwd)