Mayapada Hospital Siap Tekan Devisa ke Luar Negeri dengan 7 Layanan Unggulan

Esti Widiyana - detikNews
Selasa, 23 Nov 2021 11:39 WIB
Sebagai RS baru di Surabaya, Mayapada Hospital ingin menekan devisa ke luar negeri untuk berobat. Bahkan sebaliknya, menarik pasien dari negara lain untuk memilih berobat di fasilitas kesehatan di Indonesia, khususnya Surabaya.
Group CEO Mayapada Healthcare, Jonathan Tahir/Foto: Esti Widiyana/detikcom
Surabaya -

Tak sedikit pasien di Indonesia yang memilih berobat ke luar negeri. Sehingga, devisa ke luar negeri menjadi tinggi sekitar Rp 34 triliun.

Banyak pasien yang memilih berobat ke negara tetangga. Bahkan sebelum pandemi, devisa dari sektor kesehatan mencapai Rp 100 triliun ke luar negeri.

Sebagai RS baru di Surabaya, Mayapada Hospital ingin menekan devisa ke luar negeri untuk berobat. Bahkan sebaliknya, menarik pasien dari negara lain untuk memilih berobat di fasilitas kesehatan di Indonesia, khususnya Surabaya.

Group CEO Mayapada Healthcare, Jonathan Tahir mengatakan, ada 7 layanan kesehatan unggulan di Mayapada Hospital. Salah satu yang ditonjolkan adalah kardiologi jantung. Sebab tak banyak dokter spesialis jantung.

"Tujuh unggulan kami, salah satu yang kami tonjolkan itu masalah kardiologi jantung. Kami komitmen dengan dokter yang senior dan berpengalaman di Surabaya ini, dan mereka sudah siap bergabung. Tim kardiologi sangat kuat dan siap untuk menjadi unggulan ke depannya," kata Jonathan kepada detikcom di Mayapada Hospital, Selasa (23/11/2021).

Layanan unggulan lainnya yang siap bersaing dengan RS luar negeri adalah Tahir Neuroscience Center (Saraf dan penanganan bedah), Cardiovascular Center (Jantung dan bedah jantung), Gastrohepatology Center (Saluran cerna), Orthopedic Center (Tulang dan Trauma), Tahir Uro-Nephrology Center (Ginjal dan Saluran Kemih), Oncology Center (Penanganan Kanker), Women and Children Center (Ibu dan Anak), Internal Medicine & Pulmonology (Penyakit Dalam & Paru), dan layanan Medical Check-Up (MCU).

Menariknya, layanan unggulan MCU One Stop Service Medical Check Up berstandar internasional. Didukung oleh dokter-dokter multi spesialisasi yang lengkap. Mulai dari dokter spesialis hingga sub-spesialis.

Sehingga, lanjut Jonathan, fasilitas kesehatan unggulan ini bisa mengurungkan niat pasien untuk pergi berobat ke luar negeri. Sebab, di Indonesia memiliki pelayanan dan dokter yang tak kalah bagus dengan negara tetangga.

"Keterbatasan orang ke luar negeri mau ga mau harus mencari dokter. Banyak cerita dari dokter spesialis, banyak orang-orang terkenal pun, dirawat di sini. Mereka sudah mencoba tren kesehatan di Indonesia tidak kalah dengan di luar negeri. Mereka merasa di asing lebih percaya pada dokter dan RS. Dengan Mayapada Hospital ini bisa memberikan confidence kenyamanan untuk pasien, dan dokter terbaik spesialis di bidangnya," jelasnya.

"Medical tourism menjadi suatu hal yang menarik. Kita menekan laju devisa pasien ke luar negeri. Kita juga menarik pasien dari luar negeri ke Indonesia untuk berobat dan liburan," tambahnya.