Unik, Siswa SMP di Surabaya Sulap Limbah Kulit Pisang Jadi Marshmallow

Esti Widiyana - detikNews
Selasa, 23 Nov 2021 09:30 WIB
Siswa SMP di Surabaya Sulap Kulit Pisang Jadi Marshmellow
Elza dan Zamrella/Foto: Istimewa (Dok SMPN Negeri 61)
Surabaya -

Setiap orang makan pisang selalu membuang kulitnya. Eits, jangan dibuang dulu. Sebab kulit pisang kaya akan manfaat dan bisa diolah kembali. Simak yuk kreativitas pelajar di Surabaya ini.

Salah satunya menurunkan kolesterol, pembentukan otot, mencegah kanker, meredakan diare, hingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Manfaat lainnya juga untuk kesehatan kulit wajah, mulai dari mencerahkan kulit, mengurangi kerutan, meredakan mata bengkak, melembapkan kulit, menyamarkan noda bekas jerawat, mengatasi psoriasis, hingga menghilangkan kutil.

Manfaat dari limbah kulit pisang inilah yang menarik Elza Wahyu Ramadhani dan Zamrella Azarah Ramadhani, siswa SMPN Negeri 61 Surabaya untuk mengolahnya menjadi inovasi baru. Yakni menyulap jadi kulit pisang menjadi marshmallow (Kupang Melow).

Elza Wahyu mengatakan, inovasi yang ia buat bersama Zamrella ini karena banyaknya pohon pisang di lingkungan sekolah. Pada saat panen terdapat kulit pisang yang jumlahnya cukup banyak di tempat sampah dan dibiarkan begitu saja.

"Akhirnya kami coba mencari tahu terkait kandungannya. Ternyata kulit pisang mengandung karbohidrat 59%, protein kasar 0,9%, lemak kasar 1,7%, serat kasar 31,7% dan beberapa kandungan mineral di dalamnya seperti potasium 78,1%, kalsium 19,2%, besi 24,3%, dan mangan 24,3%. Selain itu, kulit pisang juga mengandung suatu senyawa yaitu pektin, yang emiliki banyak manfaat salah satunya menurunkan kadar kolesterol," kata Elza siswa kelas 9 ini, Selasa (23/11/2021).

Elza menjelaskan proses pembuatan kulit pisang hingga menjadi marshmallow. Pertama harus mengolah kulit pisang menjadi tepung.