Jalan Menuju Bromo yang Ambrol ke Jurang di Pasuruan Belum Diperbaiki

Muhajir Arifin - detikNews
Senin, 22 Nov 2021 15:28 WIB
Jalan menuju wisata Gunung Bromo di Desa Balaidono, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan ambrol ke jurang. Akibatnya, lalu lintas terganggu.
Jalan yang ambrol ke jurang/Foto file: Muhajir Arifin/detikcom
Pasuruan -

Jalan menuju wisata Bromo di Desa Balaidono, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan yang ambrol ke jurang belum diperbaiki. Perbaikan direncanakan tahun ini.

"Tahun ini. Pakai anggaran darurat provinsi karena kewenangan provinsi. Dari provinsi sudah komunikasi ke kita dan kita sampaikan bahwa itu butuh penanganan darurat. Konfirmasi awal akan dikerjakan tahun ini karena sifatnya kedaruratan, bukan rutin," kata Kepala BPBD Kabupaten Pasuruan Ridwan Harris, Senin (22/11/2021).

Saat ini sudah dilakukan persiapan-persiapan pembangunan akses utama ke Gunung Bromo pintu Pasuruan itu. Diharapkan pembangunan jalan ambrol bisa dilaksanakan secepatnya.

"Rencananya dibangun tahun ini. Saat ini, sudah ada pengukuran-pengukuran, semoga dalam satu dua hari ini dikerjakan," terang Camat Tosari Edy Priyanto.

Jalan menuju wisata Gunung Bromo itu ambrol ke jurang pada Selasa (16/11/2021) pukul 16.00 WIB. Sebelum jalan ambrol, daerah sekitar diguyur hujan deras selama satu jam.

Panjang jalan yang ambrol ke jurang mencapai 30 meter dan lebarnya 3 meter. Sekitar seperempat badan jalan tak bisa dilalui.

Jalan ambrol masih bisa dilalui baik kendaraan roda dua maupun empat. Namun harus tetap berhati-hati.

(sun/bdh)