Kesan Angker dari Bangunan Peninggalan Belanda di Bondowoso Mulai Pudar

Chuk Shatu Widarsha - detikNews
Senin, 22 Nov 2021 12:38 WIB
Bagi warga sekitar, hal berbau mistis di Pesanggrahan The Raung merupakan hal yang wajar dan sudah terjadi sejak lama. Itu merupakan bangunan peninggalan Belanda.
Pesanggrahan The Raung/Foto: Chuk Shatu Widarsha/detikcom
Bondowoso - Bagi warga sekitar, hal berbau mistis di Pesanggrahan The Raung merupakan hal yang wajar dan sudah terjadi sejak lama. Itu merupakan bangunan peninggalan Belanda.

Menurut warga, bangunan itu cukup lama kosong dan terbengkalai. Beberapa bagian atap bangunan nyaris runtuh. Pun sana-sini ditumbuhi semak belukar. Sehingga terkesan angker dan menyeramkan.

"Bangunan itu memang cukup lama kosong, tak berpenghuni. Soal angker dan terkesan menyeramkan, ya wajar," kata Riski (40), warga sekitar saat memulai perbincangan dengan detikcom, Senin (22/11/2021).

Lebih jauh Riski memaparkan, bagi warga Sumberwringin ihwal keangkeran pesanggrahan itu saat dalam kondisi terbengkalai, seakan sudah jadi rahasia umum.

Ragam penampakan hal berbau mistis di bangunan itu dianggap sudah biasa. Mulai penampakan makhluk halus, maupun munculnya suara-suara aneh dari pesanggrahan yang sudah ada sejak zaman Belanda itu. Terutama jika malam Jumat Legi.

"Bagi warga sini, sudah dianggap biasa. Mereka juga tak merasa terganggu adanya penampakan tersebut. Prinsip bagi warga, tak saling mengganggu," terang Riski.

Namun, ujarnya, penampakan makhluk halus sudah jauh berkurang. Sebab, bangunan itu sudah direnovasi dan dipoles sedemikian rupa.

Sehingga kesan angker dan menyeramkan sudah hilang. Apalagi, di halaman depan dan belakang saat ini sudah menjadi taman. Pun saat malam sudah terang benderang, banyak lampu.