Sederet Kisah Mistis dari Bangunan Peninggalan Belanda di Bondowoso

Chuk Shatu Widarsha - detikNews
Senin, 22 Nov 2021 11:52 WIB
Pesanggrahan The Raung jadi salah satu bangunan peninggalan Belanda di Bondowoso. Diketahui, bangunan ini merupakan tempat peristirahatan para penguasa kolonial
Pesanggrahan The Raung/Foto: Chuk Shatu Widarsha/detikcom
Bondowoso -

Pesanggrahan The Raung merupakan bangunan peninggalan Belanda di Bondowoso yang tampak eksotis. Namun seperti bangunan tua pada umumnya, bangunan ini pun kerap dikaitkan dengan hal berbau mistis.

Berdasarkan informasi yang beredar, penampakan makhluk gaib kerap terjadi di bangunan yang didirikan sekitar tahun 1930 ini. Mulai yang sekadar 'menyapa', hingga yang bisa bikin bulu kuduk berdiri.

Salah satu hal mistis yang sering terjadi yakni semacam ada suara pesta noni Belanda di ruang berbentuk setengah lingkaran. Terdengar suara percakapan dengan bahasa yang tak dimengerti. Diduga, Bahasa Belanda.

Kenapa dikatakan mirip pesta? Karena terdengar riuh. Ada candaan. Juga seperti dentingan beradunya antara piring dan sendok. Mirip orang lagi makan. Sayup-sayup juga terdengar alunan suara musik. Lazimnya sebuah pesta.

"Pas saya posisi setengah tidur, tetiba sayup-sayup terdengar seperti orang sedang berpesta," kisah Hidayat, salah seorang pegiat alam bebas asal Jember, saat berbincang dengan detikcom, Senin (22/11/2021).

Ia mengaku, semula mengira teman-teman satu timnya yang lagi bangun, terus makan maupun sedang menikmati suasana malam sambil ngopi. "Ternyata, teman-teman pada tidur semua. Saya lalu mencoba menengok ruangan. Ternyata gelap dan tak ada apa-apa," akunya.

Lain lagi pengakuan Wahid, warga Bondowoso. Saat bermalam di pesanggrahan tersebut, ia sempat mendengar suara langkah kaki seperti orang sedang berjalan.

"Lucunya, suara langkah itu terdengar sering. Sempat hilang sejenak. Lalu ada lagi. Hilang lagi. Begitu seterusnya," imbuh Wahid, yang mengaku sebenarnya tak begitu percaya hal mistis.