Perempuan Berpakaian Jawa 'Penjaga' Kalimas Surabaya Suka Ajak Anak Bermain

Perempuan Berpakaian Jawa 'Penjaga' Kalimas Surabaya Suka Ajak Anak Bermain

Esti Widiyana - detikNews
Selasa, 16 Nov 2021 12:44 WIB
kalimas surabaya
Kalimas Surabaya (Foto: Esti Widiyana/detikcom)
Surabaya -

Meninggalnya anak tenggelam di Kalimas, Surabaya sering dikaitkan kejadian mistis. Cerita mistis ini dipercaya masyarakat karena "ditarik" penjaga perempuan berpakaian adat Jawa.

Perempuan itu disebut memakai kebaya, sewek (Jarik) dan konde (Bersanggul). Oleh karena itu, hampir semua anak yang tenggelam di Kalimas, saat ditemukan sudah dalam keadaan meninggal dunia.

Selain itu, debit air dan kedalaman Kalimas ini juga dianggap sebagai faktor penyebab tenggelamnya anak tersebut. Terlebih saat musim hujan tiba di mana debitnya bertambah. Namun saat musim panas, sungai tersebut terlihat dangkal, bahkan ada orang dewasa yang bisa berdiri memancing ikan di tengah sungai.

Baca juga: Sosok Perempuan Berpakaian Jawa dan Bersanggul Dipercaya 'Jaga' Kalimas Surabaya

Seorang indigo dari Surabaya, Satriawan membenarkan adanya sosok perempuan di Kalimas. Penunggu ini ingin mengajak anak-anak bermain. Sebab, perempuan penunggu itu menyukai anak-anak.

"Si perempuan itu belum nikah, sama belum punya anak. Ngajak main-main anak-anak sampai remaja. Ngemong anak kecil," cerita Satria kepada detikcom saat dikonfirmasi, Selasa (16/11/2021).

Lalu, saat sosok penunggu bergelung konde itu menyukai seorang anak, maka dia akan menggodanya. Jika anak sudah masuk tercebur Kalimas, anak itu akan langsung ditarik dengan tujuan ingin diajak bermain.

Lihat juga Video: Bocah Tenggelam di Pantai Pinrang Ditemukan Tewas

[Gambas:Video 20detik]