Jelang Pameran Lukisan Akbar, Kurator Nasional Apresiasi Banyuwangi

Ardian Fanani - detikNews
Sabtu, 20 Nov 2021 22:15 WIB
Jelang Pameran Lukis Akbar, Kurator Nasional Apresiasi Banyuwangi
Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi - Memperingati HUT ke-250 Banyuwangi, puluhan perupa akan unjuk visual di depan publik 10 - 18 Desember 2021. Pameran besar ini sekelas dengan pameran lukis di kota besar di Indonesia.

Hal itu diungkapkan oleh kurator nasional Agus Dermawan T. Pameran lukisan yang digelar di Banyuwangi merupakan hal yang mengejutkan. Sebab, dari kota yang hanya dikenal dengan banyak destinasi wisata, rupanya ada hal indah yang ada di Banyuwangi, salah satunya adalah seni rupa Banyuwangi.

"Pencapaian artistik para seniman asal Banyuwangi dalam pameran ArtOs Kembang Langit harus dibilang mengejutkan," ujarnya kepada wartawan, Sabtu (20/11/2021).

Bahkan, kata Agus, ajang pameran perupa Banyuwangi itu tak kalah dengan gelaran seni lukis di Semarang, Medan hingga Padang.

"Reputasi ini tidak kalah dibanding dengan gelora seni lukis Semarang, Medan, Manado atau Padang. Unda-undi alias kompetitif bila dibanding Jakarta atau Solo," pungkasnya.

Pagelaran ini akan digelar di Aula Gedung Juang 45, Jl. Veteran No. 01 Kelurahan Kepatihan, Banyuwangi. Tak kurang dari 120 karya akan dihadirkan. Sebagian besar adalah lukisan. Sedangkan seni patung dan seni instalasi bakal memberikan aksentuasi yang manis sekali.