Banjir Landa 5 Kecamatan di Trenggalek, Pasar Ngrayung Terendam 1,5 Meter

Adhar Muttaqin - detikNews
Rabu, 17 Nov 2021 23:59 WIB
Hujan deras yang terjadi sekitar tiga jam mengakibatkan banjir di lima kecamatan di Trenggalek. Sejumlah rumah warga dan pasar tradisional terendam.
Banjir di Trenggalek/Foto: Adhar Muttaqin
Trenggalek -

Hujan deras yang terjadi sekitar tiga jam mengakibatkan banjir di lima kecamatan di Trenggalek. Sejumlah rumah warga dan pasar tradisional terendam.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Trenggalek Tri Puspitasari mengatakan, desa-desa yang dilanda banjir tersebar di Kecamatan Kampak, Gandusari, Pogalan, Durenan dan Kecamatan Trenggalek.

"Untuk wilayah Kampak yang terdampak banjir itu di Desa Bogoran, Bendoagung dan Senden. Sedangkan untuk Gandusari di Ngrayung, untuk titik lain masih dalam pemantauan," kata Tri, Rabu (17/11/2021).

Ketinggian banjir di perkampungan wilayah Kampak antara 40 hingga 50 sentimeter. Sedangkan banjir di Pasar Ngrayung Kecamatan Gandusari mencapai 1,5 meter.

"Di wilayah Kampak saat ini banjir mulai surut, namun air larinya ke Kecamatan Gandusari. Sehingga saat ini wilayah Gandusari justru mulai naik," jelasnya.

Tri menjelaskan, banjir di Kecamatan Kampak dan Gandusari dipicu oleh tingginya curah hujan, sehingga debit air Sungai Tawing meluap dan masuk ke perkampungan warga. "Tadi hujan mulai sore sampai malam," imbuhnya.

Dalam data di Pusdalops BPBD Trenggalek, banjir juga sempat terjadi di Desa Ngares Kecamatan Trenggalek, Desa Gembleb Kecamatan Pogalan dan Desa Kamulan Kecamatan Durenan. Namun titik banjir di wilayah tersebut saat ini telah surut.

"Yang di Kamulan, banjir sempat menggenangi Pondok Pesantren Darussulaimaniah dan perkampungan, tapi sekarang sudah surut," jelasnya.