Banjir Lahar Hujan Gunung Semeru Terjang Jembatan Alternatif Warga

Nur Hadi Wicaksono - detikNews
Selasa, 16 Nov 2021 22:27 WIB
Kawasan Gunung Semeru diguyur hujan deras. Sehingga terjadi banjir lahar hujan di sejumlah Daerah Aliran Sungai (DAS).
Banjir lahar hujan Gunung Semeru di Sungai Rejali/Foto: Istimewa
Lumajang - Kawasan Gunung Semeru diguyur hujan deras. Sehingga terjadi banjir lahar hujan di sejumlah Daerah Aliran Sungai (DAS).

Di antaranya di Sungai Lengkong dan Curah Kobokan, Desa Supit Urang, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang. Banjir lahar hujan terjadi sekitar pukul 16.00 WIB.

Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang mengimbau warga yang berada di sekitar DAS, yang dialiri banjir lahar hujan Gunung Semeru, untuk meningkatkan kewaspadaan.

"Selain itu, para penambang pasir untuk menghentikan aktivitas saat terjadi banjir lahar," ujar Kepala BPBD Kabupaten Lumajang Indra Wibawa Leksana kepada detikcom, Selasa (16/11/2021).

Banjir lahar hujan Gunung Semeru yang terjadi di Sungai Mujur menerjang jembatan alternatif yang menghubungkan Desa Gesang Kecamatan Tempeh dengan Desa Sememu Kecamatan Pasirian. Jembatan yang terbuat dari bambu itu hanyut.

"Akibat banjir lahar Gunung Semeru, jembatan alternatif dari bambu yang menghubungkan Desa Gesang dan Sememu hanyut terseret banjir," pungkas Indra.

Lihat juga video 'Gunung Semeru Muntahkan Lava Pijar, Status Waspada Level II':

[Gambas:Video 20detik]



(sun/bdh)