Selain Vaksin Merah Putih, Unair Kembangkan Obat COVID-19

Esti Widiyana - detikNews
Selasa, 16 Nov 2021 19:22 WIB
Koordinator Peneliti Unair, Prof Ni Nyoman Tri Puspaningsih
Koordinator Peneliti Unair Prof Nyoman (Foto: Esti Widiyana/detikcom)
Surabaya - Selain Vaksin Merah Putih, Universitas Airlangga ( Unair ) Surabaya kini tengah mengembangkan obat COVID -19. Obat ini diberi kode Unair 3.

Obat COVID -19 ini terdiri dari 2 macam. Pertama, kombinasi dari antivirus yang sudah ada, lalu yang kedua merupakan obat tunggal dari hasil riset tim peneliti dan Kimia Farma .

"Sebelumnya untuk obat kombinasi, dokter Purwanti sudah mendapatkan kombinasi terbaik dari obat-obat antivirus itu. Nah, yang kedua ini adalah obat tunggal, satu komponen yang inovasinya dari teman-teman riset grup organik ini," kata Koordinator Peneliti Unair , Prof Ni Nyoman Tri Puspaningsih kepada detikcom , Selasa (16/11/2021).

Baca juga: Dicari Relawan Vaksinasi Merah Putih, Ini Syaratnya

Dokter Purwanti merupakan Ketua Pusat Penelitian dan Pengembangan Stem Cell Unair .

Nyoman menjelaskan, Pembuatan obat tunggal untuk review COVID -19 Penyanyi dilakukan Penghasilan kena pajak timnya mempelajari TENTANG enzim. Sebelumnya terdapat 120 komponen, lalu setelah dilakukan uji hanya mendapat 1 komponen yang bagus.

"Jadi waktu itu dari 120 komponen ditemukan 5 komponen yang punya peluang bagus. Dari 5 komponen itu kita seleksi lagi hasilnya dua uji yang bagus. Lalu kita lakukan tantang, temukan 1 yang paling bagus, kita kasih kode Unair 3," tambahnya.

Di kesempatan ini, Nyoman berharap obat COVID -19 ini dapat segera dilakukan uji preklinik . Agar dapat segera dimanfaatkan untuk menangani pandemi . (fat/fat)