Peradi Angkat Bicara Soal Pengacara Hamburkan Rp 40 Juta di Kantor Polisi

Ardian Fanani - detikNews
Selasa, 16 Nov 2021 15:22 WIB
Banyuwangi -

DPC Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Banyuwangi angkat bicara terkait dengan aksi pengacara yang menghamburkan uang Rp 40 juta di Polsek Kota Banyuwangi. Bahkan aksi ini juga mendapatkan atensi dari Ketua DPN Peradi, Otto Hasibuan.

Ketua DPC Peradi Banyuwangi Misnadi mengatakan pihaknya mendapatkan telepon langsung dari ketua DPP Peradi Otto Hasibuan terkait dengan insiden tersebut.

"Kami mendapatkan telepon langsung dari Profesor Otto Hasibuan (Ketua DPN Peradi). Pesannya tidak ada kesalahan dalam insiden ini," ujar Misnadi kepada detikcom, Selasa (15/11/2021).

Versi Peradi, aksi yang dilakukan salah satu anggotanya di Polsek kota Banyuwangi tersebut tidak perlu disalahkan. Jika, penyebabnya memang benar terjadi. Yaitu, dugaan menghalangi keterlibataan pengacara mendampingi warga di Polsek.

"Saya sudah minta petunjuk ketua DPN Peradi Prof Otto Hasibuan. Sekali lagi tidak salah. Agar ke depannya antara penyidik dan advokat bisa mengambil pelajaran dari peristiwa ini," tegas Misnadi.

Kejadian ini diakui lantaran persoalan yang tersumbat antara advokat dan penyidik. Peradi berharap momen ini menjadi pelajaran antara advokat dan penegak hukum. Artinya, harus selalu sinergi.

"Kejadian ini karena ada sesuatu penyebabnya. Ada yang tersumbat, sehingga muncul peristiwa ini," tegas pengacara senior Banyuwangi tersebut.

"Saya tidak mau berpanjang lebar karena polisi dan advokat saling membutuhkan Seperti kalau ada penunjukan, penyidik membutuhkan advokat begitu juga sebaliknya," pungkas Misnadi.