Operasi Zebra Semeru 2021 Digelar Dua Pekan, Catat Target Operasinya

Hilda Meilisa - detikNews
Senin, 15 Nov 2021 11:11 WIB
operasi zebra semeru 2021
Operasi Zebra Semeru 2021 digelar selama 2 pekan (Foto: Dok. Polda Jatim)
Surabaya - Operasi Zebra Semeru 2021 digelar di Jawa Timur selama dua pekan, mulai hari ini hingga 28 November 2021. Ada sejumlah target dari operasi ini.

Selain akan menindak masyarakat yang tidak disiplin dalam berlalu lintas, Operasi Zebra Semeru ini juga menindak masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan.

Tak hanya itu, petugas di lapangan akan menindak segala bentuk kegiatan yang berpotensi menjadi klaster penyebaran COVID-19. Lalu, untuk lokasi rawan macet hingga rawan kecelakaan juga mendapat perhatian khusus.

Dalam apel gelar pasukan, Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta berpesan pada anggotanya agar terus meningkatkan sinergitas antara TNI, Polri dan stakeholder. Nico menyebut keberhasilan Operasi Zebra Semeru ini juga ditentukan oleh sinergitas yang baik.

operasi zebra semeru 2021Operasi Zebra Semeru 2021 melibatkan TNI dan Dishub (Foto: Dok. Polda Jatim)

"Kedua, dalam pelaksanaan operasi ini maka kita harus sabar dan memecahkan masalah dan komunikasi dengan baik. Terakhir apa yang kita kerjakan, kita inginkan dengan masyarakat belum tentu sama," kata Nico di Polda Jatim Jalan Ahmad Yani Surabaya, Senin (14/11/2021).

Sementara itu, Nico mengatakan tujuan operasi ini untuk mewujudkan Kamseltibcarlantas dan menjaga keselamatan nyawa masyarakat. Karena kecelakaan terjadi karena adanya pelanggaran.

"Ini tidak akan berhasil kalau masyarakat dan stakeholder tidak bersatu," lanjutnya.

Dengan adanya kesiapan para personel di Operasi Zebra Semeru 2021 ini, Nico optimis operasi berjalan dengan sukses.

Pada apel ini, Nico didampingi Wakapolda Jatim Brigjen Slamet Hadi Supraptoyo, dan Pejabat Utama (PJU) Polda Jatim. Selain diikuti oleh anggota Polri, apel ini juga diikuti oleh jajaran TNI, Satpol-PP, Dishub, maupun Linmas.

Di kesempatan ini, Nico juga sempat menyematkan pita tanda operasi kepada perwakilan dari anggota Polri, TNI dan Dishub.

Simak video 'Operasi Zebra Jaya, Kakorlantas Minta Masyarakat Tak Hindari Polisi':

[Gambas:Video 20detik]



(hil/iwd)