Ketua Gerindra Jatim Bersama Kiai PCNU Surabaya Doa Bersama Untuk Pahlawan

Faiq Azmi - detikNews
Jumat, 12 Nov 2021 17:00 WIB
Ketua Gerindra Jatim Bersama Kiai PCNU Surabaya Doa Bersama Untuk Jasa Pahlawan
Anwar Sadad dan Kiai PCNU Surabaya (Foto: Faiq Azmi/detikcom)
Surabaya -

Wakil Ketua DPRD Jatim Anwar Sadad menghadiri kegiatan doa bersama para kiai dan nahdliyin di Kantor PCNU Surabaya. Doa bersama ini untuk mengenang para pahlawan yang bertempur di Surabaya saat 10 November 1945.

Acara ini mengambil tema 'Haul Syuhada Pertempuran 10 November 1945'. Dalam sambutannya, Sadad mengungkpan bagaimana kontribusi besar para ulama dan santri yang turut berjuang dalam menjaga kemerdekaan RI.

"Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya adalah ujian bagi kemerdekaan Indonesia yang belum seumur jagung," kata Sadad di Kantor PCNU Surabaya, Kamis (11/11/2021) malam.

Menurut Ketua Gerindra Jatim ini, perlawanan arek Suroboyo berhasil meredam ancaman dan serangan sekutu. Di mana saat itu, kedatangan sekutu yang dipimpin kerajaan Inggris dimodali persenjataan lengkap dan modern, serta notabene saat itu sekutu adalah pemenang perang dunia kedua.

"Namun, perjuangan arek-arek Suroboyo berhasil meredam ancaman dan serangan sekutu, sekalipun banyak jiwa yang harus gugur," tegasnya.

Spirit perjuangan rakyat Surabaya dan Jawa Timur untuk menghalau sekutu itu, lanjut Sadad, juga tumbuh antara lain karena Fatwa Jihad Hadratussyaikh KH Hasyim Asy'ari.

"Fatwa Jihad tersebut lantas melahirkan sebuah resolusi yang dikeluarkan para ulama se Jawa dan Madura, yang dikenal sebagai Resolusi Jihad," terang politisi yang akrab disapa Gus Sadad tersebut.

"Para ulama merumuskan Resolusi Jihad bertempat di Gedung Hoofdbestuur Nahdlatoel Oelama (HBNO), pada saat itu adalah Kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama. Kini gedung tersebut menjadi Kantor PCNU Surabaya. Sejak era Wali Kota Tri Rismaharini gedung bersejarah tersebut menjadi Cagar Budaya Kelas A," sambungnya.

Sadad menambahkan, kehadirannya dalam acara tersebut merupakan cara menghidupkan spirit kepahlawanan para syuhada di era kini.

Dalam acara tersebut, sejumlah tokoh juga hadir secara langsung. Selain Ketua Gerindra Jatim Anwar Sadad, tokoh yang hadir antara lain KH Muchit Murtadlo, Prof KH Imam Ghozali Said, KH Mas Sulaiman Nur, dan Dr KH Ahmad Muhibbin Zuhri.

(fat/fat)