Puan Maharani Kunker ke Banyuwangi 2 Hari, Bakal Temui Nelayan Hingga Petani

Ardian Fanani - detikNews
Kamis, 11 Nov 2021 20:35 WIB
puan maharani ke banyuwangi
Puan Maharani kunker ke Banyuwangi (Foto: Ardian Fanani)
Banyuwangi - Ketua DPR RI Puan Maharani melakukan kunjungan kerja di Banyuwangi. Dalam kunjungan selama dua hari, Puan bakal berdialog dengan nelayan, petani dan generasi muda Banyuwangi.

Selain itu, Ketua DPR RI ini juga bakal memberikan penghargaan bagi pemenang Trisakti Award untuk kategori Desa Wisata kepada Desa Tamansari, Desa Bangsring, Desa Kemiren.

Puan Maharani tiba di Banyuwangi Kamis (11/11/2021) petang. Turut hadir dalam kunker tersebut Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, I Gusti Ayu Bintang Darmawati, Menteri Kelautan dan Perikanan Wahyu Sakti Trenggono, Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Pariwisata Wiryanti Sukamdani, dan panitia penyelenggara Waras Wasisto serta Wakil Walikota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu.

"Jadwal utamanya adalah bertemu dengan para nelayan dan petani di Banyuwangi. Beliau ingin menyapa langsung sekaligus ingin menyerap aspirasi mereka," ujar Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani saat ditanya perihal kunjungan tersebut di Pendopo Sabha Swagata Blambangan.

Kunjungan pertama yang akan dilakukan Puan adalah menemui para nelayan di Pelabuhan Mandar, Kecamatan Banyuwangi. Di sana, Puan akan berdialog dengan para nelayan sekaligus menyalurkan bantuan kepada kelompok nelayan se-Kabupaten Banyuwangi.

Setelah itu, Puan juga dijadwalkan untuk bertemu dengan sejumlah petani di Dewi Rembang, Desa Banjar, Kecamatan Licin. Agendanya adalah berdialog dengan para petani dan menyalurkan sejumlah bantuan kepada para petani.

"Kunjungan ini, semoga memberikan kemanfaatan bagi kemajuan nelayan dan petani Banyuwangi. Apa yang menjadi kendala, dapat disampaikan secara langsung sehingga bisa segera mendapatkan solusi," ungkap Ipuk.

Pemkab Banyuwangi sendiri, imbuh Ipuk, memiliki perhatian yang tinggi terhadap dunia pertanian dan nelayan. Berbagai program telah diluncurkan oleh Banyuwangi untuk meningkatkan produktivitas para petani dan nelayan dari hulu hingga hilir.

"Namun, kapasitas pemerintah daerah sangat terbatas. Baik dari sisi anggaran maupun dari kebijakan. Untuk itu, dengan kedatangan Ibu Puan ini, besar harapan kami, agar dapat memberikan kabar baik bagi kemajuan petani dan nelayan," terang Ipuk. (iwd/iwd)