Panglima TNI Serahkan 53 Unit Rumah untuk Ahli Waris KRI Nanggala 402

Suparno - detikNews
Kamis, 11 Nov 2021 14:11 WIB
kri nanggala 402
Panglima TNI dan Gubernur Khofifah menyerahkan 53 unit rumah kepada ahli waris kru KRI Nanggala 402 (Foto: Suparno)
Sidoarjo - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyerahkan rumah kepada ahli waris kru kapal selam KRI Nanggala 402 di Sidoarjo. Ada 53 unit rumah yang diserahkan.

Dalam kesempatan itu turut hadir juga Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, Pangdam V/ Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto, Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta, dan Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali.

Hadi mengatakan pembangunan perumahan khusus bagi ahli waris para prajurit yang gugur adalah instruksi langsung dari Presiden RI Joko Widodo. Instruksi itu merupakan bentuk perhatian sekaligus penghargaan dari pemerintah terhadap para pahlawan Nanggala 402 yang telah gugur di medan tugas.

"Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bekerja sama dengan TNI AL Lantamal V melaksanakan pembangunan perumahan khusus di wilayah Candi, Sidoarjo. Diperuntukkan para pahlawan KRI Nanggala 402 yang gugur menjalankan tugas," kata Hadi dalam sambutannya, Kamis (11/11/2021).

Hadi menjelaskan ada 53 unit rumah yang disiapkan yang terdiri dari 1 unit rumah tipe 90 dengan luas tanah 320 meter persegi, yang diperuntukkan bagi perwira tinggi, 7 unit rumah tipe 72 dengan luas tanah 280 meter persegi bagi perwira menegah.

"Sebanyak 10 unit rumah tipe 54 dengan luas tanah 280 meter persegi bagi perwira pertama, serta 35 unit rumah tipe 45 dengan luas tanah 240 meter persegi bagi prajurit Bintara dan Tamtama," jelas Hadi.

Hadi menambahkan perumahan ini dibangun di atas tanah seluas kurang lebih 2 hektare dimana pembangunannya telah dilaksanakan sejak 23 Agustus 2021 dan ditargetkan selesai pada 21 Desember 2021.

"Perumahan yang baru saya resmikan ini merupakan perumahan prajurit Nanggala 402 dan untuk keluarga beserta anak-anaknya. Ditargetkan Bulan Desember semuanya sudah selesai 53 unit rumah," terang Hadi.

"Permasalahan surat menyurat baik sertifikat rumah dan tanah tidak ada permasalahan. Semoga perumahan ini bisa bermanfaat bagi anak mereka untuk meraih cita-cita yang tinggi," tandas Hadi.

Sementara itu Wini Widiati istri Laksamana Pertama Anumerta Harry Setiawan mengaku merasa sangat terharu, dan mengucapkan terima kasih kepada Presiden RI Joko Widodo, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Bapak Kasal Laksamana Yuno Margono, beserta jajarannya.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada Bapak Jokowi, Panglima, Kasal dan instansi yang terkait atas pemberian hunian ini," tandas Wini (iwd/iwd)