Hari Pahlawan, TNI AL Gelar Tabur Bunga untuk Kru KRI Nanggala 402

Ardian Fanani - detikNews
Rabu, 10 Nov 2021 19:45 WIB
tabur bunga unutk kru KRI Nanggala 402
Tabur bunga untuk kru KRI Nanggala 402 di Hari Pahlawan (Foto: Dok. TNI ALt)
Banyuwangi -

Tabur bunga mengenang para pahlawan dilakukan oleh TNI Angkatan Laut (AL) di atas Kapal KRI Surabaya 591. Hari Pahlawan menjadi momentum mengenang prajurit yang telah gugur saat tenggelamnya Kapal Selam KRI Nanggala 402.

Tak hanya TNI AL, tabur bunga yang digelar di perairan lokasi tenggelamnya KRI Nanggala 402, juga diikuti anggota Forum Pimpinan Daerah Banyuwangi, seperti Kapolresta Banyuwangi, AKBP Nasrun Pasaribu, Perwakilan dari Kodim 0825 Banyuwangi, Sekretaris Daerah Mujiono, Kejaksaan, dan perwakilan dari Pengadilan Negeri Banyuwangi.

"Kita di geladak KRI Surabaya 591 untuk melaksanakan kegiatan tabur bunga dalam rangka kegiatan Hari Pahlawan," jelas Komandan Lanal Banyuwangi Letkol Laut (P) Ansori kepada wartawan, Rabu (10/11/2021).

Kegiatan tabur bunga ini diawali dengan apel di atas geladak KRI Surabaya. Apel ini diikuti anggota TNI AL, Polairud Banyuwangi serta anggota TNI AD. Apel ini dipimpin Inspektur Upacara, Komandan Pusdikpel Kodiklatal, Kolonel Laut (P) Andike Sry Mutia.

Ansori menambahkan, kegiatan tabur bunga ini menurutnya merupakan wujud cinta pada pahlawan yang sudah mendahului. Lokasi tabur bunga memang sengaja dilakukan di sekitar perairan tempat tenggelamnya KRI Nanggala 402.

"Mudah-mudahan ini sebagai pengingat buat rekan-rekan kita semua yang telah mendahului kita semua," jelasnya.

KRI Nanggala-402 dinyatakan hilang kontak pada Rabu (21/4). Beberapa hari kemudian, kapal selam itu dinyatakan tenggelam (subsunk). Ada 53 orang yang gugur dalam insiden tersebut.

Momentum hari pahlawan ini, menurutnya, harus dijadikan sebagai inspirasi untuk seluruh generasi muda. Dia berharap, seluruh Bangsa Indonesia diberikan kekuatan untuk keluar dari musibah COVID-19 yang sudah lebih dari setahun melanda negeri ini.

Dia menambahkan, sebelum melakukan tabur bunga di sekitar perairan lokasi tenggelamnya KRI Nanggala, Lanal Banyuwangi bersama Forkopimda juga sudah melakukan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Wisma Raga Satria dan Taman Makam Pahlawan 032 yang ada di Pantai Boom.

"Tadi setelah tabur bunga di Taman Makam Pahlawan kita juga melakukan upacara peringatan Hari Pahlawan," bebernya.

Ansori berpesan, sebagaimana moto Hari Pahlawan tahun ini, 'Pahlawanku Adalah Inspirasiku', dia mengajak seluruh anak muda untuk mentauladani perjuangan seluruh pahlawan Republik Indonesia.

"Agar kita dapat berkarya dan berhasil dalam membangun bangsa dan negara ke depannya," pungkasnya.

(iwd/iwd)