Petani Banyuwangi Gelar Bubak Sawah Awali Masa Tanam

Ardian Fanani - detikNews
Rabu, 10 Nov 2021 18:45 WIB
Memasuki masa tanam untuk 2022, para petani di Banyuwangi menggelar tasyakuran Bubak Sawah. Mereka menggelar tasyakuran dekat dengan irigasi pertanian.
Bupati Ipuk hadir dalam Bubak Sawah/Foto: Ardian Fanani/detikcom
Dalam kesempatan tersebut, Ketua HIPPA setempat, Misnan mengaku jika irigasi di kawasan tersebut tidak ada kendala berarti. Dam Sere ini mengaliri irigasi di empat desa yakni Bangorejo, Kebondalem, Bulurejo dan Sambirejo.

"Kami berharap pemeliharaan irigasi di kawasan ini tetap ditingkatkan. Pemkab juga terus meningkatkan aliran irigasi tersier ke sawah-sawah warga," ucapnya.

Plt Kepala Dinas PU Pengairan, Guntur Priambodo menambahkan, Bubak Sawah ini digelar serentak di tujuh lokasi Dam di Banyuwangi. Antara lain di Dam Concrong Rogojampi dan Dam Darit Singojuruh.

"Ini adalah tradisi petani. Setiap masuk musim tanam untuk tahun depan, mereka menggelar kenduri di lokasi Dam berharap kelancaran hasil pertanian," kata Guntur.

Ditambahkan Guntur, pihaknya terus meningkatkan fungsi kawasan di sekitar Dam menjadi lokasi alternatif ruang publik bagi warga. Termasuk di Dam Sere yang didesain sangat menarik dan asri.

"Sembari kita terus tingkatkan kualitas sungai, di satu sisi kita terus percantik kawasan sekitar Dam menjadi public space baru bagi warga sekitar. Biar warga malu kalau terpaksa mengotori sungai," ujar Guntur.


(sun/bdh)