Dibuang Dalam Tas, Bayi Perempuan di Kota Blitar Ditemukan Masih Hidup

Erliana Riady - detikNews
Senin, 08 Nov 2021 10:27 WIB
penemuan bayi di Kota Blitar
Kondisi bayi yang ditemukan di dalam tas masih hidup dan sehat (Foto: Erliana Riady)
Kota Blitar -

Seorang bayi perempuan ditemukan di dalam tas. Bayi yang diduga baru dilahirkan semalam itu tak menangis ketika ditemukan tergeletak dalam tas di depan sebuah toko bangunan di Kota Blitar.

Menurut keterangan penjaga toko, Joko Liyanto (32), dia datang ke tempat kerjanya di Jalan Ciliwung 171B, Kota Blitar sekitar pukul 07.30 WIB. Saat itulah dia melihat sebuah tas teronggok di depan pintu masuk tokonya. Melihat barang tak biasa ditemukan, Joko langsung melaporkannya ke Bhabinkamtibmas setempat.

"Kami lalu membuka tas berwarna coklat itu bersama-sama. Ketika resleting tas kami buka, ternyata berisi bayi. Kondisinya hidup, tapi diam tidak menangis. Terbungkus plastik dan masih ada tali pusarnya," tutur Joko kepada awak media, Senin (8/11/2021).

penemuan bayi di Kota BlitarBayi yang ditemukan dirawat di Puskesmas Kepanjenkidul (Foto: Dok. Polresta Blitar)

Selain bayi, mereka juga menemukan handuk dan botol bayi berisi susu di dalam tas itu. Bayi kemudian dibawa ke Puskesmas Kepanjenkidul untuk mendapat pemeriksaan dan perawatan intensif. Temuan ini juga dilaporkan ke pihak kepolisian.

Kepala Puskesmas Kepanjenkidul, Triana mengatakan, kondisi bayi sehat walaupun berat badannya di bawah normal. Penanganan pertama telah dilakukan, yakni penanganan tali pusar dan pemberian vitamin K agar tidak terjadi pendarahan.

"Jenis kelaminnya perempuan, panjang 47, berat badan 1,8 ini dibawah normal. Sehingga perlu mendapatkan perawatan ekstra dan dirujuk ke RSUD Mardi Waluyo," terangnya.

Triana menambahkan, jika melihat kondisi bayi yang masih segar dengan tali pusar utuh dan belum kering, diperkirakan bayi tersebut dilahirkan semalam.

"Kalau dilihat tali pusarnya masih belum kering, kemungkinan baru semalam ini dilahirkan," pungkasnya.

(iwd/iwd)