Round-Up

Cerita Pria yang Gendong-Peluk Gala hingga Tak Tega Lihat Luka di Matanya

Tim Detikcom - detikNews
Senin, 08 Nov 2021 10:43 WIB
Surabaya - Kasus kecelakaan hingga menewaskan Vanessa Angel dan suaminya, Febri Andriansyah di Tol Jombang, masih menjadi perbincangan. Saat itu usai mobil putih menabrak beton pembatas jalan, suasana lokasi kecelakaan tampak ramai dan riuh.

Warga berusaha menolong korban luka saat kecelakaan tersebut. Salah satu warga yang menolong korban luka yakni seorang pedagang beras. Adalah Ansori (54), warga Desa Gondangmanis, Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Jombang, yang menggendong anak Vanessa Angel, Gala Sky Andriansyah yang terus-terusan menangis usai peristiwa nahas itu terjadi, Kamis (4/112/2021).

Saat kecelakaan terjadi sekitar pukul 12.30 WIB, dia sedang minum es kelapa muda di sebelah barat KM 672+400A Astra Tol Jombang-Mojokerto (Jomo). Ansori pun bergegas masuk ke tol untuk menolong para korban.

"Saya mau pulang karena kaki saya sakit, saat saya akan turun dari tol, saya mendengar suara tangisan bayi. Saya datangi kondisi bayi di dalam mobil warna abu-abu atau hitam, mobil siapa saya tidak tahu," kata Ansori kepada wartawan, Minggu (7/11/2021).

Baca juga: Pria Ini Gendong Anak Vanessa yang Menangis Usai Mobil Terbang di Tol Jombang

Dia lantas mengambil si balita dari mobil tersebut yang menangis terus. Balita usia 1 tahun 7 bulan itu terluka di mata sebelah kiri. Si balita terus memanggil nama mama dan papanya.

"Kondisinya luka di atas mata sebelah kiri mungkin, keluar darah. Saya tidak berani memandang lebih lama, saya gendong sambil saya peluk," tandasnya.

Ansori berusaha menenangkan balita yang belakangan diketahui anak Vanessa Angel, Gala Sky Andriansyah itu lantas digendong dan dipeluk. Dia berlarian menuju petugas kepolisian yang saat itu berjaga di lokasi TKP.

"Saya ambil, saya bawa berlari untuk saya serahkan ke polisi, oleh polisi diserahkan ke sopirnya kayaknya. Setelah itu saya pulang," terangnya.

Luka Gala dialami setelah mobil Pajero Sport nopol B 1264 BJU itu melayang usai terjadi benturan. Terdengar suara benturan keras.

"Saya melihat sekelebat mobil warna putih terbang," jelas Ansori.

Bersama beberapa warga lainnya, pedagang beras ini bergegas menuju ke jalan tol. Menurut Ansori, saat itu tidak banyak warga dari luar jalan tol yang berani memberi pertolongan.

"Banyak yang tahu, tapi yang berani menolong tidak banyak. Yang lain di tepi (jalan tol) sambil ambil video. Saya sudah terbiasa menolong korban kecelakaan, dulu rumah saya di tepi jalan," terangnya.

Setelah menyerahkan balita itu ke polisi, Ansori langsung menghampiri mobil Vanessa Angel. Dia melihat suami Vanessa, Bibi Andriansyah (31) meninggal di kursi depan sisi kiri. Sedangkan Vanessa tengkurap di jalan tol.

Baca juga: Keluarga Sesalkan Konten Medsos Panggil Arwah Vanessa Angel

"Ternyata Mbak Vanessa sudah tergeletak di jalan, suaminya sudah meninggal posisi duduk di depan terikat sabuk pengaman," tandasnya.

Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah tewas dalam kecelakaan tunggal di KM 672+400A Astra Tol Jombang-Mojokerto pada Kamis (4/11) sekitar pukul 12.30 WIB. Mobil Pajero Sport nopol B 1264 BJU yang mereka tumpangi dikemudikan Tubagus Joddy (24), warga Kelurahan Bubulak, Kecamatan Bogor Barat, Bogor.

Vanessa dalam perjalanan ke Surabaya mengajak putranya, Gala Sky Andriansyah (1 tahun 7 bulan) dan pengasuhnya Siska Lorensa (21), warga Cililin, Bandung Barat. Mobil yang mereka tumpangi menabrak beton pembatas jalan di sisi kiri diduga akibat sopir mengantuk.

Gala selamat dengan luka lecet di dahi kanan dan lebam di mata kiri. Tubagus Joddy hanya mengeluh nyeri pada pinggul. Keduanya dirawat di RS Bhayangkara Surabaya. Sedangkan Siska yang menderita luka pada tangan, dipindahkan dari RSU dr Soetomo ke RS Bhayangkara. Kini baik Siska dan Gala sudah dibawa pulang ke Jakarta. (fat/fat)