Data Lengkap BPBD Jatim soal Korban-Kerusakan Banjir Bandang di Kota Batu

Faiq Azmi - detikNews
Minggu, 07 Nov 2021 23:35 WIB
Banjir Bandang di Kota Batu
Khofifah saat tinjau banjir bandang di Kota Batu (Foto: Faiq Azmi/detikcom)
Surabaya - Banjir bandang di Kota Batu pada Kamis (4/11) menyebabkan 7 warga meninggal dunia. Selain korban jiwa, 35 rumah dinyatakan rusak berat akibat banjir bandang.

"Data hingga Minggu (7/11) pukul 14.00 WIB, korban meninggal ada 7 orang, tim Basarnas juga telah menghentikan proses pencarian," ujar Kalaksa BPBD Jatim Budi Santosa dalam keterangannya, Minggu (7/11/2021).

Selain korban meninggal dunia, tim relawan juga berhasil menemukan 6 warga yang sempat hanyut. Ke-6 warga itu dinyatakan selamat. "Seluruh warga yang hanyut telah ditemukan," imbuhnya.

Data dari BPBD Jatim, ada 89 kartu keluarga (KK) yang terdampak banjir bandang Batu. Kemudian 35 unit rumah rusak parah, 33 unit rumah terendam lumpur.

Kemudian, ada 7 unit mobil yang rusak, 73 unit sepeda motor rusak, 30 unit sepeda rusak. Lalu 10 kandang ternak rusak, serta 107 hewan ternak mati. Juga masih ada sejumlah lahan pertanian yang rusak akibat hanyut terkena banjir bandang. Saat ini, tim tengah melakukan pendataan.

"Untuk update kerugian, akan kita update terus. Tim BPBD Jatim bersama kabupaten/kota masih terus memantau, siaga di Posko Batu, dan menghitung dampak banjir bandang ini," tandasnya.