Mensos Risma Beri Santunan Korban Jiwa dan Luka Banjir Bandang Kota Batu

Muhammad Aminudin - detikNews
Sabtu, 06 Nov 2021 11:05 WIB
risma tinjau banjir bandang kota batu
Mensos Risma tinjau banjir bandang di Kota Batu (Foto: Muhammad Aminudin)
Kota Batu - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini meninjau lokasi banjir bandang di Kota Batu. Risma menyerahkan bantuan santunan kepada keluarga korban meninggal dunia dan luka.

Risma meninjau lokasi terdampak banjir bandang terparah di Dusun Gintung, Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jumat (5/11/2021), malam.

Penyerahan bantuan disampaikan langsung oleh Mensos didampingi Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, Sekretaris DPD Jawa Timur Sri Untari, dan jajaran Forkopimda Kota Batu juga turut menyerahkan bantuan santunan kepada keluarga korban meninggal dunia.

Ada enam perwakilan keluarga korban yang meninggal dunia yang menerima masing-masing santunan senilai Rp 15 juta. Terlihat Mensos Risma juga berinteraksi dan menghibur para korban banjir bandang di Kota Batu.

Usai meninjau lokasi, Risma bergeser mengecek dapur umum di Balai Desa Bulukerto untuk melihat logistik bantuan bahan makanan dan kebutuhan pengungsi lain.

"Tadi itu kita ada santunan untuk kematian ada, santunan untuk yang luka ada, kalau meninggal ada 15 juta luka ada 5 juta. Luka berat, meninggal 6 orang," ucap Risma kepada wartawan.

Pihaknya juga menyebut, jika tim trauma healing Kementerian Sosial (Kemensos) bakal diterjunkqn untuk mengatasi trauma psikis para korban banjir bandang, utamanya anak-anak.

"Nanti kita ada trauma healing, ada petugas saya yang akan turun untuk memberikan trauma healing untuk warga," ungkap mantan Wali Kota Surabaya ini.

Selain bantuan santunan dan trauma healing, pihaknya juga tengah berkoordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk proses rekonstruksi pasca bencana banjir bandang di masa tanggap darurat selama dua minggu ke depan.

"Saya akan komunikasi BNPB, karena kalau BNPB ada juga supaya tidak terjadi tumpang tindih sebetulnya kalau saya dari rumah tidak layak huni. Kalau kejadian bencana ada di BNPB. Nanti saya akan komunikasikan," pungkasnya.

Ada enam korban meninggal akibat banjir bandang di Kota Batu. Mereka adalah Wiji warga RT06/RW04, Dusun Sambong, Desa Bulukerto; Sarip (60), warga dusun yang sama; Adi Wibowo warga Jl. Kartini, Kel Ngaglik lokasi hilang di Dusun Cangar, Desa Bulukerto; Wakri warga Dusun Sabrang Bendo RT 51 RW 8 Desa Giripurno ditemukan di Desa Tawangargo; dan Mahendra Fery serta putrinya Alverta Shenazia Arvisa Vindra berusia 3,5 tahun.

Simak video 'Khofifah Tinjau Banjir Bandang Batu, Keselamatan Korban yang Utama':

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)