Pameran Seni Rupa Tingkat Nasional Digelar di Banyuwangi

Ardian Fanani - detikNews
Kamis, 04 Nov 2021 08:25 WIB
pameran lukisan di banyuwangi
Pameran seni rupa akan digelar di Banyuwangi (Foto: Ardian Fanani/detikcom)
Banyuwangi -

Ajang seni rupa spektakuler terus dipersiapkan Banyuwangi. Pameran seni rupa tingkat nasional yang bertajuk Art Osing (ArtOs) Kembang Langit akan digelar pada 10-18 Desember 2021 nanti. Saat ini, karya-kaya senirupa ini sedang dikurasi untuk ditampilkan di Gedung Djuang 45 Banyuwangi.

Humas ArtOs Kembang Langit Husein Albana menjelaskan, 72 perupa akan dipamerkan bersamaan dengan momen Hari Jadi Banyuwangi (Harjaba) ke-250. Seniman yang terlibat berasal dari Jawa Timur (Banyuwangi, Malang, Tuban), Jawa Tengah, Yogyakarta dan Bali.

"Jumlah seniman dari Banyuwangi 52 dan 20 seniman undangan VVIP. Sebetulnya karya yang dikirimkan ke panitia banyak, setelah dikurasi oleh Agus Dermawan T yang lolos 116 karya," ungkap Husein, Rabu, 3 November 2021.

Karya yang dipamerkan selama 9 hari itu tidak hanya lukisan. Selain seni lukis adapula seni instalasi serta patung. Karya - karya yang lolos kurasi tersebut telah dilaksanakan pemotretan untuk katalog pada Rabu, 3 November 2021.

Kelebihan pameran ArtOs Kembang Langit, disamping melibatkan seniman lokal, sederet perupa nasional turut serta dalam ajang ini. Bahkan kolektor seni rupa sekelas Dr Oheong Djien ikut turun gunung. Acara ini akan dimeriahkan oleh pementasan monolog seniman kondang Sujiwo Tedjo.

Dari Jogja, ada nama seniman Nasirun, Katirin dan Edy Sunaryo. Seniman instalasi asal Bali, I Ketut Putra Yasa dan Maniken tercatat sebagai peserta. Lukisan karya pelukis legendaris berdarah Banyuwangi yang telah wafat, Mozes Misdy dan Beni Amora pun turut dipamerkan.