Unesa Bebaskan UKT-Beasiswa Lanjut Studi untuk Atlet PON Papua 2021

Esti Widiyana - detikNews
Rabu, 03 Nov 2021 18:06 WIB
Unesa Bebaskan UKT-Beasiswa Lanjut Studi untuk Atlet PON Papua 2021
Foto: Istimewa (Dok Humas Unesa)
Surabaya -

70 Atlet turut berlaga di PON XX Papua 2021 dan pulang membawa medali mendapat apresiasi dan penghargaan dari Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Unesa pun membebaskan Uang Kuliah Tunggal (UKT) hingga memberi beasiswa lanjut studi.

Rektor Unesa Prof Nurhasan mengatakan, penghargaan ini diberikan ke seluruh atlet Unesa yang berangkat ke Papua dalam bentuk pembebasan UKT. Kemudian untuk atlet peraih medali, selain dibebaskan UKT hingga akhir masa studi, juga diberikan keringanan khusus untuk tugas akhir agar bisa fokus latihan dan terus latihan.

"Untuk atlet peraih medali, terutama medali emas yang ingin melanjutkan studi di jenjang magister, juga disiapkan beasiswa S-2 hingga S-3 di Unesa. Nanti atlet kita peraih emas atau medali ini yang mau S-2 atau S-3 tentu kita arahkan jadi dosen di Unesa," kata Nurhasan, Rabu (3/11/2021).

Setidaknya ada sekitar 70 atlet yang mendapat penghargaan tersebut, mereka turun di berbagai nomor lomba dan cabang olahraga. Nurasan, menjelaskan bahwa penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi Unesa atas prestasi dan capaian para atlet yang berharumkan nama Unesa dan Jawa Timur di pekan olarhaga nasional.

Selain itu, sebanyak 62 medali diboyong atlet Unesa untuk kontingen Jawa Timur. Rinciannya, 16 emas, 22 perak dan 24 medali perunggu. Perolehan itu mencatatkan atlet Unesa sebagai penyumbang medali terbanyak untuk Jawa Timur.

Beberapa atlet Unesa juga berhasil memecahkan rekor PON dalam cabor renang. Yaitu Adinda Larasati Dewi yang dinobatkan sebagai atlet putri tercepat, dalam nomor renang 100 meter gaya kupu-kupu.

"Selain pecah rekor renang, Adinda juga berhasil memboyong sebanyak 9 medali, 8 emas dan 1 perak cabor renang. Capaian itu menjadikan Adinda Larasati Dewi sebagai atlet PON XX Papua yang paling berprestasi," ujarnya.

Adinda pun mengucapkan terima kasih atas dukungannya. Menurutnya, penghargaan dan apresiasi tersebut dapat memotivasi para atlet sehingga semakin giat dan meningkatkan perfoma dalam latihan.

"Sekali lagi terima kasih dan Alhamdulillah, semoga atlet Unesa semakin berprestasi dan Unesa terus melahirkan atlet-atlet yang membanggakan baik di kancah nasional maupun internasional," kata Adinda.

Sementara Dea Salsabila Putri, salah satu atlet peraih emas Cabor Renang 3.000 meter mengungkapkan rasa bangganya. Karena mendapatkan apresiasi yang besar dari Unesa. "Tugas kami tidak hanya meraih medali, tetapi juga bagaimana medali ini bisa jadi inspirasi dan motivasi dalam menorehkan prestasi demi prestasi lagi ke depannya," pungkasnya.

(fat/fat)