Cari iPhone 12 Tercebur di Sungai, Remaja di Surabaya Tewas Tenggelam

Hilda Meilisa - detikNews
Senin, 01 Nov 2021 11:04 WIB
evakuasi korban tenggelam di Kalimas
Evakuasi korban tenggelam di Kalimas (Foto: Dok. Command Center 112)
Surabaya -

Seorang remaja di Surabaya, DA (16) ditemukan tewas tenggelam di Sungai Kalimas Surabaya. Diketahui, DA tenggelam di sungai sejak Minggu (31/10) petang saat berenang mencari ponsel iPhone 12 yang tercebur di Surabaya.

Saksi yang merupakan teman korban Valen (16) mengatakan mereka mendapat informasi dari salah satu penjaga parkir di sekitar lokasi bahwa sebelumnya ada sepasang kekasih yang bertengkar hingga membuang iPhone 12 di Kalimas.

Mendapat info itu, keduanya sepakat hendak mencari HP yang berharga sekitar Rp 13 jutaan tersebut. Mereka pun berenang dan menyelam mencari ponsel mahal yang dibuang di sekitaran sungai. Namun saat berenang, Valen melihat DA tenggelam. Dia membantu menarik tangan temannya agar tidak tenggelam.

"Dari jembatan depan Skate Park situ berenang sudah saya ajak kembali tapi tidak mau. Sempat saya tarik, tapi tiba-tiba tangan saya dilepas terus hilang," ujar Valen kepada detikcom, Senin (1/11/2021).

Petugas Command Center 112 Kota Surabaya Arif Sunandar mengatakan menurut keterangan saksi yang bersama korban, memang saksi berusaha menolong korban. Tetapi saksi tak kuasa.

"Sehingga saksi dan korban bersepakat mencari dengan cara berenang. Namun saat berada di tengah sungai yang bersangkutan gugup sehingga saksi berusaha menolong korban, namun terlepas sehingga korban tenggelam," papar Arif.

Arif menambahkan saksi langsung keluar dari sungai dan saksi meminta tolong warga hingga diteruskan ke command center untuk ditindaklanjuti. Pencarian korban ini, lanjut Arif dilakukan sejak kemarin petang usai mendapat laporan. Namun, pencarian sempat terhenti dan kembali dilakukan pagi ini.

"Pukul 07.00 WIB Tim gabungan mencari korban tenggelam dengan menggunakan perahu karet dan penyelaman di titik korban tenggelam," tambahnya.

Lalu, sekitar pukul 09.00 WIB, korban berhasil ditemukan dengan jarak kurang lebih 10 meter dari titik awal tenggelam.

"Jenazah langsung dievakuasi dan dibawa ke kamar jenazah RSUD dr Soetomo dengan menggunakan ambulance Dinas Sosial dan rusa BPB Linmas mendampingi ibu korban ke kamar jenazah dr Soetomo," imbuhnya.

(hil/iwd)