Saat Gubernur hingga Bupati dan Wali Kota Se-Jatim Kumpul di Banyuwangi

Ardian Fanani - detikNews
Sabtu, 30 Okt 2021 13:59 WIB
Saat Gubernur- Bupati-Wali Kota Se-Jatim Kumpul di Banyuwangi
Foto: Ardian Fanani

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani menyebut pertemuan ini membuat para bupati dan wali kota semakin kompak dan kolaboratif.

"Terima kasih Ibu Gubernur yang telah mengundang para bupati dan wali kota se-Jatim berkunjung ke Banyuwangi. Ini perhatian yang luar biasa dari Ibu Khofifah kepada kami, para bupati dan wali kota, agar terus kompak dan makin kolaboratif dalam memajukan daerahnya dan Jawa Timur," katanya.

"Arahan-arahan Ibu Gubernur dan Bapak Wakil Gubernur memotivasi kami semua untuk terus berbenah," jelas Ipuk.

Hal yang sama juga diungkapkan Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi. Menurutnya, pertemuan tersebut bisa memperkuat sinergi antar daerah. "Sekarang bukan zamannya bersaing, daerah harus berkolaborasi saling melengkapi. Maka kedekatan antar kepala daerah harus dibangun, salah satunya lewat silaturahmi yang intens seperti di Banyuwangi hari ini," ujar Eri.

Saat Gubernur- Bupati-Wali Kota Se-Jatim Kumpul di BanyuwangiSaat Gubernur- Bupati-Wali Kota Se-Jatim Kumpul di Banyuwangi/ Foto: Ardian Fanani

Kesempatan ini pun dimanfaatkan para kepala daerah untuk saling mempelajari inovasi dan prestasi masing-masing daerah. Seperti Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) yang mengatakan bahwa pertemuan kali ini menjadi kesempatan untuk saling menularkan rasa 'iri'.

"Seperti saya yang 'iri' pada kemajuan Banyuwangi. Lima kali beruntun Banyuwangi nilai sakip-nya A, sementara Pasuruan masih B. Untuk pengelolaan keuangan juga demikian, Banyuwangi 9 kali mendapat predikat WTP, Pasuruan baru satu kali. Makanya saya 'iri' sama Banyuwangi. Berbekal rasa 'iri' inilah saya akan bekerja lebih baik lagi untuk memajukan Kota Pasuruan," ujar Gus Ipul.

Untuk saling memperkuat ikatan antara daerah, di pendopo juga di-display beragam produk unggulan pertanian dan perkebunan dari seluruh daerah di Jatim. Mulai durian Banyuwangi, nanas Madu Jumbo Jember, golden melon Sidoarjo, pisang cavendish Blitar, mangga podang kediri, salak pronojiwo Lumajang, apel rome beauty Malang, pisang tandung Lumajang, alpukat pameling Malang, dan masih banyak lainnya.


(fat/fat)