Penampakan Kantor Campuspedia yang Viral Gaji Anak Magang Rp 100 Ribu-Resign Didenda

Esti Widiyana - detikNews
Jumat, 29 Okt 2021 14:39 WIB
campuspedia
Kantor Campupedia di Koridor Coworking Space di Siola Surabaya (Foto: Esti Widiyana)
Surabaya -

Sudah seminggu ini kantor Campuspedia di Koridor Coworking Space Siola Surabaya sepi. Tak ada kegiatan apapun di startup yang viral menggaji anak magang Rp 100 ribu dan mendenda Rp 500 ribu jika resign sebelum masa magang berakhir ini.

"Sudah seminggu nggak ke sini (kantor), biasanya (ada pegawainya) ke sini," kata salah satu pegawai Koridor Co-working Space Surabaya kepada detikcom, Jumat (29/10/2021).

Campuspedia berkantor di tiga ruangan dari ruang utama. Ruangan tersebut berdinding kaca, lengkap dengan meja kayu berukuran 2x1 meter dan 8 kursi. Pegawai Campuspedia biasa bekerja di ruangan tersebut. Sementara pegawai magang menempati kursi panjang yang berada di luar ruangan.

campuspediaFoto: Esti Widiyana

Akan tetapi, ruangan itu kini nampak kosong dan sepi. Terlihat ada satu orang yang sedang duduk dan menatap laptop, namun orang tersebut bukanlah pegawai Campuspedia.

Koridor Co-working Space Gedung Siola Surabaya memang disediakan oleh Pemkot Surabaya untuk startup yang berdiri dan berkembang di Kota Pahlawan. Gedung itu berisi
8-10 ruangan yang bisa ditempati.

campuspediaFoto: Esti Widiyana

Selain Campuspedia, ada beberapa starup lainnya yang berkantor di sana seperti Riliv, Re-Blood, hingga Héroes.

Sebelumnya, viral curhatan pegawai magang Campuspedia yang dibagikan melalui akun Twitter @taktekbum. Pegawai magang startup diberikan target performa dan tugas yang bebannya sama dengan pegawai full time. Perusahaan tersebut memberikan gaji Rp 100 ribu per bulan, dan dikenakan penalti Rp 500 ribu jika mundur sebelum masa magang habis.

(iwd/iwd)