Sederet Fakta Pria di Sampang Menolak Divaksin Lalu Bikin Gaduh

Tim Detikcom - detikNews
Kamis, 28 Okt 2021 15:37 WIB
Viral Video Pria Enggan Divaksin di Sampang hingga Disebut FPI
Foto: Tangkapan Layar
Surabaya -

Video pria Sampang, Mino (36) menolak vaksinasi COVID-19 saat mendatangi sentra vaksin di Kecamatan Kedungdung. Video itu akhirnya viral di medsos.

Dalam Caption video itu berbunyi: Viral rekaman seorang warga berpakaian ojol merekam diam-diam kegiatan vaksinasi yang diadakan TNI di Kec Kedungdung Sampang Madura, Senin (25/10/2021).

Rupanya perekam berniat berdebat dengan petugas yang ada di sentra vaksinasi agar terkesan dipaksa untuk vaksin. Itu terbukti dalam percakapan di video pertama berdurasi 1 menit 38 detik dan video kedua berdurasi 2 menit 19 detik. Pria yang menggunakan jaket ojek online ini duduk di depan petugas berpakaian TNI.

Si pria bernama Mino juga disebut sengaja memancing emosi petugas TNI yang bersiaga di posko vaksinasi tersebut.

"Awalnya mendaftarkan diri untuk divaksin. Terus menolak, dan mengajak petugas berdebat. Dari situlah petugas terpancing emosinya," beber Kapendam V/Brawijaya, Letkol Arm Kusdi Yuli Suhandra.

Tak hanya itu, Kusdi juga menampik jika petugas TNI telah memaksa Mino seperti dalam video yang sudah diedarkan.

"Itu video sudah dipotong alias diedit. Tidak seperti itu kronologi sebenarnya," tegas Kusdi.

Kusdi pun menyesalkan tindakan yang dilakukan Mino menolak vaksinasi tersebut. Karena, di tengah pandemi COVID-19 saat ini, mendapat vaksinasi dinilai penting untuk melindungi diri dan orang lain.

"Padahal, program vaksinasi itu bagus. Tujuannya, untuk menyelamatkan banyak manusia. Sudah jelas, kalau vaksin itu aman, dan halal. MUI dan BPOM pun sudah mengeluarkan mandat itu," tambahnya.