Anggota DPR RI Pantau Gizi Ibu Hamil dan Balita di Ponorogo

Charoline Pebrianti - detikNews
Kamis, 28 Okt 2021 12:32 WIB
anggota dpr ri komisi v sri wahyuni
Sari Wahyuni menyerahkan bantuan bisukuit untuk ibu hamil (Foto: Charoline Pebrianti)
Ponorogo -

Anggota Komisi V DPR RI Sri Wahyuni mendatangi Desa Grogol, Kecamatan Sawoo. Yuni datang ke Desa Grogol untuk memantau gizi ibu hamil dan balita.

Di Desa Grogol, Pemdes menyediakan website khusus ibu hamil dan balita yang diberi nama Nutribi. Tujuannya, untuk memantau langsung perkembangan dan pertumbuhan balita di Desa Grogol. Termasuk komunikasi antara ibu dengan petugas kesehatan termasuk dokter, ahli gizi dan bidan desa yang terintegrasi di dalam satu website.

"Apresiasi dan bangga, surprise juga ternyata desa Grogol punya inovasi, penanganan anak-anak balita yang memiliki tumbuh kembang masih kurang, bisa ditangani dengan baik," tutur Yuni kepada detikcom, Kamis (28/10/2021).

Yuni menambahkan saat ini inovasi seperti ini penting. Terutama di masa pandemi COVID-19, digitalisasi pelayanan jadi perhatian utama. Terutama pendampingan oleh tenaga ahli.

"Inovasi baru tentang penanganan anak-anak yang spesial ini berbagai macam cara yaitu dengan pendampingan secara online. Mau konsultasi, anak saya seperti ini bagaimana menanganinya," terang Yuni.

anggota dpr ri komisi v sri wahyunianggota dpr ri komisi v sri wahyuni Foto: Charoline Pebrianti

Politisi NasDem itu pun berharap pencegahan balita stunting bisa dipantau sejak pendampingan calon pengantin, masa sebelum hamil, saat hamil, melahirkan hingga umur balita 2 tahun. Tujuannya, agar nutrisi tetap terjaga dan terkontrol.

"Dorongan semangat dari kami diharapkan bisa bisa memberikan semangat agar ibu-ibu juga terus berusaha memberikan asupan gizi yang bagus untuk anak di masa tumbuh kembang," tandas Yuni.

Yuni pun berharap terobosan ini bisa diikuti oleh desa lain. Agar tak ada lagi balita stunting di Ponorogo. Sehingga semua balita atau generasi penerus mempunyai tubuh sehat dan kuat.

"Harapannya karena ini baru satu-satunya di Ponorogo bisa dicontoh desa lain di Ponorogo," jelas Yuni.

Pantauan detikcom, selain memberikan dorongan semangat. Yuni juga menyerahkan bantuan biskuit bagi ibu hamil dan balita sebagai tambahan nutrisi.

Sementara, Ketua PKK Desa Grogol Elma Sosianti menambahkan website desa yang diberi nama Nutribi ini beranggotakan para ibu, dokter, tenaga gizi dan bidan desa.

"Ibu-ibu yang balita dikategorikan stunting akan kami masukkan ke dalam aplikasi dengan memasukkan nomor handphone kami akan memberikan tentang penanganan dan pencegahan stunting," jelas Elma.

Sekaligus, para ibu bisa bebas berkonsultasi dengan tenaga kesehatan untuk mengatasi keluhan anak. Penanganan pun dilakukan secara gratis.

"Jumlah balita total ada 559 anak, ada 68 anak yang dinyatakan stunting. Stunting disini penilaiannya berdasarkan berat badan dan tinggi anak,"pungkas Elma.

(iwd/iwd)