CFD di Kembang Jepun Surabaya Bakal Digelar November 2021

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Rabu, 27 Okt 2021 21:10 WIB
Surabaya sudah PPKM level 1 dan akan mulai menggelar Car Free Day (CFD). Di Jalan Kembang Jepun, CFD akan digelar mulai 7 November 2021.
Wali Kota Eri Cahyadi/Foto: Deny Prastyo Utomo/detikcom
Surabaya -

Surabaya sudah PPKM level 1 dan akan mulai menggelar Car Free Day (CFD). Di Jalan Kembang Jepun, CFD akan digelar mulai 7 November 2021.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengungkapkan, pihaknya tengah mematangkan SOP pelaksanaan di lapangan. "CFD Insyaallah masih dihitung (teknisnya) bersama teman-teman, tapi dengan batasan-batasan. Sehingga tidak dibuka los (bebas)," kata Eri di Balai Kota Surabaya, Rabu (27/10/2021).

Secara teknis, Eri menjelaskan, CFD disesuaikan dengan SOP protokol kesehatan. Seperti penyesuaian kapasitas pengunjung, hingga penerapan scan barcode PeduliLindungi.

"Misalnya berapa jumlah pengunjung CFD nanti. Terus di ujung-ujung (jalan) ada yang menjaga berapa orang dan yang penting ada PeduliLindungi saat masuk ke CFD-nya. Itu yang kita lakukan dan kita sedang diskusikan dengan teman-teman," ungkap Eri.

Menurutnya, perhitungan ini dilakukan sebagai bentuk kehati-hatian Pemkot Surabaya. Jangan sampai, ketika CFD kembali diadakan, menimbulkan euforia masyarakat yang berlebihan.

"Kita mulai menggerakkan menuju new normal tapi tidak euforia yang berlebihan," ujar Eri.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya, Suharto Wardoyo mengungkapkan, untuk tahap awal, CFD bakal digelar mulai 7 November 2021 di Jalan Kembang Jepun. Kawasan tersebut sudah dilakukan asesmen oleh Satgas COVID-19 Surabaya.

"Nanti kita akan mulai Bulan November 2021. Jadi sudah ada asemen dari Tim Satgas COVID-19 Surabaya untuk mengatur prokes di sana," kata pria yang akrab disapa Anang itu.